Workshop Optimalisasi Pelayanan Pasien JKN, Bagaimana Tatakelolanya?

LATAR BELAKANG
Memasuki tahun ke delapan Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN), Jumlah peserta JKN semakin bertambah tercatat per Januari 2022, jumlah peserta JKN mencapai 229,76 Juta jiwa, dengan jumlah Rumah Sakit sebagai Provider JKN mencapai 2.810 Rumah Sakit. Pada tahun 2020, proporsi biaya pelayanan yang dibayarkan BPJS Kesehatan ke Rumah Sakit mencapai 95,5 Triliun (84% dari total pembiayaan).

Seiring berjalan waktu, regulasi JKN telah banyak direvisi, sangat dinamis dan cepat berubah, menuntut Rumah Sakit untuk terus update dan beradaptasi agar bisa memberikan pelayanan yang bermutu, terstandar dan accountable.

Berbagai permasalahan JKN masih terjadi, beberapa Rumah Sakit masih mengalami kendala dalam tatakelola baik pelayanan medis dan klaim. Data menunjukkan bahwa klaim pending dan klaim dispute masih terjadi, bahkan beberapa Rumah Sakit diduga melakukan fraud, sehingga harus diputus kerjasamanya dengan BPJS Kesehatan.

Tidak sedikit Rumah Sakit yang kesulitan dalam menyesuaikan diri dengan program JKN, sehingga beberapa Rumah Sakit belum bisa mengelola pasien JKN dengan baik dan berhasil guna, pasien JKN masih dianggap sebagai pasien yang kurang memberikan dampak pendapatan bagi Rumah Sakit.

Workhsop ini diharapkan dapat memberikan pemahaman kepada jajaran Direksi Rumah Sakit bagaimana pengelolaan JKN yang baik dan accountable sehingga klaim Rumah Sakit bisa cepat dibayar.

TUJUAN

  1. Direksi Rumah Sakit paham bagiamana mengelola pasien JKN yang baik dan accountable
  2. Rumah Sakit dapat mengajukan klaim tepat waktu, valid dan accountable terhindar dari dugaan fraud.

WAKTU DAN TEMPAT PELAKSANAAN
Hari/Tanggal : Jum’at – Sabtu, 17 – 18 Maret 2023
Tempat : Hotel Santika Premiere Slipi, Jl. Aipda K.S. Tubun No. 7 Slipi, Jakarta Barat

SASARAN PESERTA

  1. Pemilik Rumah Sakit
  2. Direksi Rumah Sakit
  3. Pemerhati Rumah Sakit
  4. Mahasiswa Megister Perumahsakitan

NARASUMBER / FASILITATOR

  • dr. Bambang Wibowo, Sp.OG(K), MARS, FISQua (Ketua Umum PERSI)
  • dr. Daniel Budi Wibowo, M.Kes (Ketua Komp. Pembiayaan dan Jam-Kes PERSI)
  • dr. Masyhudi A M, M.Kes (Direktur RS Sultan Agung Semarang)
  • dr. Dewi Basamalah, MARS (Direktur RSUD Al Ichsan Bandung)
  • dr. Ediansyah, MARS, MM (Direktur RS Annisa Tangerang)
  • Gandi Agusniadi, BBA, SE (Tim Koding INA CBG Pusjak PDK)
  • dr. Tonang Dwi Ardyanto, Sp.PK(K), PhD, FISQua (Komp. Pembiayaan dan Jam -Kes PERSI)

MODERATOR

  1. Fajaruddin Sihombing, SE, MM (Komp. Pembiayaan dan Jam – Kes PERSI)
  2. dr. IBN Banjar, M.Kes (Komp. Pembiayaan dan Jam – Kes PERSI)

METODE WORKSHOP

  1. Ceramah Tanya Jawab
  2. Diskusi

EVALUASI

  1. Evaluasi Penyelenggaraan Pelatihan
  2. Evaluasi Pembicara

BIAYA INVESTASI PER PESERTA

  1. Paket A : Rp. 5.350.000,- (termasuk akomodasi menginap 2 malam, 1 kamar 1 orang)
  2. Paket B : Rp. 4.700.000,- (termasuk akomodasi menginap 2 malam, 1 kamar 2 orang)
  3. Paket C : Rp. 4.000.000,- (tanpa penginapan)

CARA MENDAFTAR/MEMBAYAR

  1. Daftarkan diri melalui registrasi online pada link berikut : https://bit.ly/Registrasi-WSOptimalisasiJKN-Mar23 (masing – masing wajib mengisi nama lengkap dan gelar untuk sertifikat, alamat e-mail yang aktif, No. HP dengan WhatsApp aktif (mohon langsung bergabung melalui link wa group), RS/Instansi/Organisasi, Jabatan).
  2. Lakukan pembayaran dengan cara transfer melalui Bank Mandiri No. Rek. 120.0001061972 An. Perhimpunan RS SeIndonesia-PB
  3. Kirimkan foto bukti transfer/pembayaran melalui WhatsApp ke Sdri Desy (HP. 0812 1037 4733)

FASILITAS

  1. Akomodasi hotel bagi peserta yang menginap (2 malam di Hotel Santika Premiere Slipi Jakarta)
  2. Mengikuti pelatihan selama 2 hari
  3. Coffe break, lunch dan dinner selama pelatihan
  4. Kits, Softcopy materi, kuitansi dan sertifikat

Catatan :
Bagi peserta yang menginap di Hotel Santika Premiere Slipi Jakarta :
a. Check in mulai jam 14.00 wib hari Jum’at, 17 Maret 2023
b. Check out jam 12.30 wib hari Minggu, 19 Maret 2023
c. Selain tanggal tersebut, peserta yang menginap di Hotel Santika Premiere Slipi Jakarta biayanya di luar paket pelatihan.

Lampiran:
TOR dan Undangan Workshop Optimalisasi Pelayanan Pasien JKN, Bagaimana Tatakelolanya?