Workshop (Offline) Koding INA CBG

LATAR BELAKANG
Proses pengajuan klaim dalam sistem pembayaran INA CBG menuntut adanya sistem rekam medis yang baik oleh tenaga koder yang profesional, sehingga akan dihasilkan penggroupan atau kode INA CBG yang akurat dan akan diperoleh tarif INA CBG yang sesuai dengan pelayanan kesehatan yang telah diberikan oleh pemberi pelayanan kesehatan di rumah sakit.

Pemahaman koder di rumah sakit dalam menelaah rekam medis dan menentukan dan mengentry koding diagnosis dan prosedur sangat berpengaruh pada besaran tarif yang dihasilkan. Oleh sebab itu, tenaga koder yang ada di seluruh rumah sakit Indonesia diharapkan dapat memiliki pemahaman dan kemampuan yang sama dalam melakukan pengkodean terhadap diagnosa dan prosedur yang dilakukan oleh tenaga medik dengan baik dan benar yang selanjutnya diinput ke dalam software INA CBG.

Dalam pelaksanaannya di lapangan ada beberapa yang dapat terjadi mulai dari diagnosis dan prosedur yang tidak lengkap yang dituliskan para DPJP, koder yang kurang paham sampai dengan kaidah koding yang berlaku. Untuk menyelesaikan kendala-kendala tersebut perlu dilakukan pelatihan tenaga koder dalam Implementasi INA CBG.

Dengan pelatihan ini diharapkan dapat meningkatkan kapasitas dan memberikan pengetahuan kepada koder di rumah sakit tentang penerapan sistem INA CBG secara keseluruhan dan diharapkan dapat membantu menangkap permasalahan dan mampu memberikan solusi dalam menyelesaikan masalah klaim JKN yang terjadi dilapangan.

WAKTU DAN TEMPAT PELAKSANAAN
Hari/Tanggal : Kamis – Jumat, 2 – 3 Juni 2022
Tempat : Hotel Santika Premiere Slipi, Jl. Aipda K.S. Tubun No. 7 Slipi, Jakarta Barat

SASARAN PESERTA

  1. Koder RS
  2. Staf Casemix RS
  3. Staf IT
  4. Staf Klaim JKN

PERSIAPAN PESERTA
Peserta diharapkan :

  1. Membawa Laptop
  2. Selama mengikuti pelatihan, peserta wajib memenuhi protokol kesehatan sesuai ketentuan yang berlaku dalam pencegahan penularan Covid-19, termasuk persyaratan dalam melakukan perjalanan dan diruang public

NARASUMBER / FASILITATOR

  1. Teguh Redy Sanjaya, A.Md.PK, S.ST.RMIK, M.Kes (Anggota Tim Koding INACBG Pusjak PDK Kemenkes RI, Koder RS.Hasan Sadikin Bandung)
  2. Kayun Kasmidi, SKM (Ketua Tim Koding INACBG Pusjak PDK Kemenkes RI)
  3. Gandi Agusniadi, BBA, SE (Anggota Tim Koding INACBG Pusjak PDK Kemenkes RI)
  4. dr. Rudy Yulianto, MARS (Ketua Tim IT INACBG Pusjak PDK Kemenkes RI)
  5. BPJS Kesehatan
  6. Tim Koding INACBG Pusjak PDK Kemenkes RI

METODE WORKSHOP

  1. Ceramah Tanya Jawab
  2. Diskusi

EVALUASI

  1. Evaluasi penyelenggaraan pelatihan
  2. Evaluasi pembicara

BIAYA INVESTASI PER PESERTA

  1. Paket A : Rp. 5.150.000,- (termasuk akomodasi menginap 2 malam, 1 kamar 1 orang)
  2. Paket B : Rp. 4.450.000,- (termasuk akomodasi menginap 2 malam, 1 kamar 2 orang khusus peserta 1 instansi)
  3. Paket C : Rp. 3.750.000,- (tanpa penginapan)

CARA MENDAFTAR/MEMBAYAR

  1. Daftarkan diri melalui registrasi online pada link berikut : https://bit.ly/RegistrasiWSKoding-Jun22 (masing – masing wajib mengisi nama lengkap dan gelar untuk sertifikat, alamat e-mail yang aktif, No. HP dengan WhatsApp aktif (mohon langsung bergabung melalui link wa group), RS/Instansi/Organisasi, Jabatan).
  2. Lakukan pembayaran dengan cara transfer melalui Bank Mandiri No. Rek. 120.0001061972 An. Perhimpunan RS SeIndonesia-PB
  3. Kirimkan foto bukti transfer/pembayaran melalui WhatsApp ke Sdri Desy (HP. 0812 1037 4733)

FASILITAS

  1. Akomodasi hotel bagi peserta yang menginap (2 malam di Hotel Santika Premiere Slipi Jakarta)
  2. Mengikuti pelatihan selama 2 hari
  3. Coffe break, lunch dan dinner selama pelatihan
  4. Kits, Softcopy materi, kuitansi dan sertifikat Catatan : Bagi peserta yang menginap di Hotel Santika Premiere Slipi Jakarta :
    • Check in mulai jam 13.30 wib hari Kamis, 2 Juni 2022
    • Check out jam 12.30 wib hari Sabtu, 4 Juni 2022
    • Selain tanggal tersebut, peserta yang menginap di Hotel Santika Premiere Slipi Jakarta biayanya di luar paket pelatihan.