PENDAHULUAN
Gerakan moral keselamatan pasien rumah sakit merupakan issue global. Berbagai negara telah mengubah paradigma dari quality ke quality-safety. Issue keselamatan pasien rumah sakit juga berkembang di Indonesia sejalan dengan semakin maraknya kasus-kasus yang masuk ke tuntutan hukum dan pengadilan. Kenyataan yang ada di rumah sakit bahwa terdapat ratusan jenis obat, ratusan tes dan prosedur, terdapat banyak pasien, kelompok profesi dan individu staf, serta banyak sistem dan keberagaman yang semuanya ini sangat potensial menimbulkan kesalahan.
Di Indonesia Gerakan moral keselamatan pasien rumah sakit telah dicanangkan oleh Menteri Kesehatan pada Pembukaan Seminar Nasional PERSI tanggal 21 Agusus 2005.
Sejak tahun 2005 Komite Keselamatan Pasien Rumah Sakit – PERSI telah melakukan berbagai kegiatan sesuai Visi-nya : “Meningkatnya keselamatan pasien & mutu pelayanan RS”, serta Misi pertama-nya : “Mengangkat secara Nasional fokus keselamatan pasien”.
Pada pertengahan tahun 2012 Kementerian Kesehatan membentuk Komite Nasional Keselamatan Pasien Rumah Sakit. Dengan hadirnya Komite Nasional tersebut, PERSI dalam Kongres XII November 2012 memutuskan untuk mengakhiri tugas KKPRS – PERSI sebagai badan, dan sebagai gantinya membentuk Institut Keselamatan Pasien Rumah Sakit (IKPRS).
Pada kondisi saat ini yang masih dihadapkan pada pandemi Covid-19, tentunya Rumah Sakit harus selalu konsisten dalam menerapkan Keselamatan Pasien di fasilitas pelayanan kesehatannya masing-masing. Dalam rangka memenuhi permintaan berbagai pemangku kepentingan rumah sakit, maka pada tahun 2023 IKPRS-PERSI melanjutkan Workshop Keselamatan Pasien dan Manajemen Risiko di Fasilitas Pelayanan Kesehatan.
TUJUAN :
Umum :
Terwujudnya mutu pelayanan dan keselamatan pasien di rumah sakit.
Khusus :
- Meningkatnya pemahaman para praktisi RS terhadap program keselamatan pasien dan tujuh langkah menuju keselamatan pasien rumah sakit.
- Meningkatnya pemahaman para praktisi RS terhadap langkah–langkah manajemen risiko di rumah sakit.
- Meningkatnya pengetahuan dan ketrampilan praktis tentang manajemen risiko.
- Dapat diterapkannya Standar dan Sasaran Keselamatan Pasien.
- Terwujudnya sistem pencatatan laporan insiden keselamatan pasien di rumah sakit
- Rumah sakit mampu melakukan kajian terhadap laporan insiden keselamatan pasien sehingga tidak terjadi kesalahan yang berulang, dan melakukan perbaikan secara terus menerus.
SASARAN PESERTA :
- Direktur dan Pemilik RS
- Komite Medis
- Komite Mutu dan Keselamatan Pasien RS
- Instalasi : Rawat Inap, Gawat Darurat, ICU, Bedah Sentral
- Bidang Keperawatan
- Bidang Pelayanan Medis
- Bidang Penunjang Medis
- Supervisor Keperawatan
- Instalasi Farmasi
- Instalasi Laboratorium Klinik
- Instalasi Radilogi dan Radio Terapi
- Sarana dan prasarana / IPSRS
- Subbag RT
TEMPAT PELAKSANAAN :
Hotel Santika Premiere Slipi, Jl. Aipda K.S. Tubun No. 7 Slipi, Jakarta Barat
WAKTU PELAKSANAAN
Kamis – Jum’at, 27 – 28 Juli 2023
MATERI WORKSHOP
- State of the Art Patient Safety
- Patient Centered Care sebagai Elemen Pokok Keselamatan Pasien
- Standar Keselamatan Pasien Rumah Sakit
- 6 Sasaran Keselamatan Pasien dalam Standar Akreditasi Rumah Sakit
- Langkah 1 : Membangun Kesadaran akan Nilai Keselamatan Pasien (Survey assessment of safety culture)
- Langkah 2 : Memimpin dan Mendukung Staf untuk Komitmen dan Fokus pada Keselamatan Pasien (Leadership of patient safety)
- Langkah 3 : Integrasi Manajemen Risiko (strategyc plan of risk management )
- Langkah 4 : Sistem Pelaporan Insiden di RS
- Implementasi E-Reporting Insiden Keselamatan Pasien di Rumah Sakit
- Langkah 5 : Komunikasi dengan Pasien (Develop Open Disclosure)
- Langkah 6 (RCA) : Belajar dan Berbagi Pengalaman Keselamatan Pasien (Incident investigation)
- Studi Kasus RCA
- Langkah 7 (FMEA) : Cegah Cedera melalui Implementasi Keselamatan Pasien (Proactive risk assessment & redesign process)
- Pembahasan Contoh Proses FMEA
- Patient Safety in Anasthesia
- Patient Safety in Nursing Care
- Safety Device
NARASUMBER / FACULTY MEMBER
Berasal dari Komite Nasional Keselamatan Pasien Kementerian Kesehatan RI (KNKP – Kemenkes RI), Institut Keselamatan Pasien Rumah Sakit (IKPRS-PERSI), maupun pakar-pakar dalam bidang Manajemen Risiko dan Keselamatan Pasien Rumah Sakit, antara lain:
- dr. Bambang Wibowo, Sp.OG (K), MARS., FISQua
- dr. Rachmat Mulyana M, Sp.Rad
- dr. Tri Hesty Widyastoeti, Sp.M, MPH
- dr. Nico A. Lumenta, K. Nefro, MM, MH.Kes,. FISQua
- Dr. dr. Sutoto,M.Kes., FISQua
- dr. Bambang Tutuko, SpAn, KIC
- dr. Eka Viora, Sp.KJ., FISQua
- dr. May Hizrani, MARS
- dr. Arjaty W. Daud, MARS, FISQua, CERG QRGP
- dr. A. Samhari Baswedan, MPA
- Dr. Rita Sekarsari, SKp, MHSM, FISQua
- dr. Yanuar Jak, SpOG, MARS, PhD, FISQua, MPM
- dr. Amelia Martira, SpAn, SH., MH, IBCLC
- dr. Santi Anugrahsari, Sp.M, MSc., FISQua
METODE WORKSHOP
- Ceramah Tanya Jawab
- Case study
- Diskusi kelompok
EVALUASI
- Pre dan Post test
- Evalusi penyelenggaraan pelatihan
- Evaluasi pembicara
BIAYA INVESTASI PER PESERTA
- Paket A : Rp. 5.900.000,- (termasuk akomodasi menginap 2 malam, 1 kamar 1 orang, di Hotel Santika Premiere Slipi Jakarta)
- Paket B : Rp. 5.500.000,- (termasuk akomodasi menginap 2 malam, 1 kamar 2 orang, di Hotel Santika Premiere Slipi Jakarta)
- Paket C : Rp. 4.600.000,- (tidak menginap di Hotel Santika Premiere Slipi Jakarta)
CARA MENDAFTAR / MEMBAYAR
- Daftarkan diri melalui registrasi online pada link berikut: https://bit.ly/Pendaftaranwskp-Juni2023 (masing-masing peserta wajib mengisi nama lengkap dan gelar untuk sertifikat, alamat e-mail yang aktif, No. HP dengan WhatsApp aktif, RS/Instansi/Organisasi, jabatan; dan (mohon peserta dapat langsung bergabung melalui link wa group setelah selesai mendaftar),
- Lakukan pembayaran dengan cara transfer melalui Bank Mandiri Rek No.120.0001061972 a.n. Perhimpunan RS Se Indonesia-PB;
- Kirimkan foto bukti transfer/pembayaran melalui WhatsApp ke Sdri. Pebriyana (HP. 0812 1879 1331)
FASILITAS
- Akomodasi hotel bagi peserta yang menginap (2 malam di Hotel Santika Premiere Slipi Jakarta)
- Mengikuti workshop selama 2 hari
- Peserta Mendapatkan SK PIDI
- Coffee break, lunch dan dinner selama workshop
- Kits workshop
- Materi workshop (soft copy)
- Sertifikat
Catatan :
Bagi peserta yang menginap di Hotel Santika Premiere Slipi Jakarta :
a. Check in mulai jam 14.00 wib, hari Kamis, 27 Juli 2023 (dapat lebih awal jika keadaan hunian hotel memungkinkan); dan
b. Check out jam 12.30 wib hari Sabtu, 29 Juli 2023
c. Selain tanggal tersebut, peserta yang menginap di Hotel Santika Premiere Slipi Jakarta biayanya di luar paket pelatihan.