RSUD Kuala Kurun Miliki Lab TCM, Dibantu Kemenkes dan Bank Kalteng

Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kuala Kurun, Kalimantan Tengah, kini memiliki laboratorium Tes Cepat Molekular (TCM) COVID-19, setelah sebelumnya mengoperasikan ruang isolasi. Hasil TCM dapat diketahui dalam waktu kurang dari dua jam, untuk menentukan pasien positif atau negatif COVID-19.

“Pemerintah daerah mengucapkan terima kasih kepada Bank Kalteng yang telah turut berperan aktif merehabilitasi laboratorium TCM COVID-19 RSUD Kuala Kurun melalui dana corporate social responsibility,” kata Bupati Gunung Mas Jaya S Monong.

Rehabilitasi ruangan yang didukung Bank Kalteng, dilakukan karena laboratorium RSUD Kuala Kurun belum memenuhi standar. Pimpinan Bank Kalteng Cabang Kuala Kurun Empas S Umar mengatakan, sebelumnya pihaknya telah menyalurkan CSR untuk RSUD Kuala Kurun dengan nilai sekitar Rp57,3 juta untuk pembelian alat pelindung diri dan vitamin sedangkan untuk rehabilitasi ruang laboratorium ini sekitar Rp119,6 juta.

Untuk alat TCM, kata Direktur RSUD Kuala Kurun dr Rusni D Mahar, pihaknya mendapat hibah dari Kementerian Kesehatan. Penggunaan TCM untuk diagnosis COVID-19 telah mendapat persetujuan dari Food and Drug Administration (FDA) dan Kementerian Kesehatn menggunakannya sebagai salah satu alat untuk mendiagnosa COVID-19, selain metode Real Time Polymerase Chain Reaction (RT-PCR). (IZn – persi.or.id)