RSPAD Jajaki Kemungkinan Lakukan Transplantasi Hati, Hasil Belajar dari RS Nordwest Krankenhaus Jerman

Jakarta – Rumah Sakit Pusat TNI Angkatan Darat (RSPAD) menjajaki kemungkinan melakukan transplantasi hati sebagai salah satu hasil dari kolaborasi dengan Nordwest Krankenhaus, rumah sakit ternama dan tertua di Frankfrurt, Jerman.

“Kami akan menyiapkan tim dokter untuk berkunjung ke Jerman untuk menjalani transfer pengetahuan. Salah satunya, di Indonesia, transplantasi hati yang memang belum berkembang, ternyata di sana, kurang lebih ada 300 kali operasi dalam satu tahun,” kata Kepala Departemen Bedah RSPAD dr Catur S. Sutisna.

Sementara, dr Abraham Arimuko selaku Direktur Pembinaan dan Pengembangan RSPAD mengungkapkan, ada tiga fokus kerja sama yang dilakukan dengan Nordwest Krankenhaus yaitu bidang medis, penelitian, dan pendidikan.

Untuk tahap pertama, lanjut Abraham, kedatangan Prof Thomas Kraus, pada Rabu (9/5), selaku Nordwest Krankenhaus, untuk menindaklanjuti letter of intent atau kerja sama. Selain itu, 

latar belakang Prof Thomas Kraus adalah dokter bedah digestif, sehingga juga dimanfaatkan optimal oleh tim dokter bedah RSPAD untuk belajar.

“Ini yang belajar baru komunitas bedah digestif saja. Nantinya RSPAD akan mengirimkan tim dokter lain untuk belajar dari pengalaman dari komunitas bedah yang lainnya,” kata Abraham. (IZn – persi.or.id)