RS di Sultra Berencana Bekerjasama dengan RS Jantung dan Diabetes Jerman

baca artikel

Rumah Sakit (RS) di wilayah Sulawesi Tenggara (Sultra) diharapkan bisa menjalin kerjasama dengan Heart and Diabetic NRW Bad Oeynhausen Jerman untuk transfer ilmu, tekhnologi, infrastruktur, kemampuan sumber daya manusia maupun informasi. Hasil kerjasama itu diharapkan nantinya bisa dirasakan warga Sultra dan umumnya Indonesia bagian timur.

Demikian diungkapkan Gubernur Sulawesi Tenggara Ali Mazi bersama Wali Kota Kendari Sulkarnain Kadir dalam kunjungan kerja ke Heart and Diabetes NRW Bad Oenyhausen Jerman, belum lama ini.

Ali Mazi memaparkan, rombongannya akan belajar tentang sistem manajemen dan struktur organisasi RS, dimana penempatan sistem elektrik, bagaimana pengolalaan pembuangan limbah, dan pelayanan pasien-pasien darurat penyakit jantung.

Rombongan disambut dengan presentasi dr. Karin Overlack, Manejer Umum Heart and Diabetes NRW Bad Oenyhausen Jerman yang didampingi Prof. Sommer, tenaga ahli rumah sakit yang memaparkan tentang kondisi umum NRW Bad Oeynhausen.

“Presentasi itu mengungkapkan hal-hal menarik, RS di Jerman terintegrasi dengan perguruan tinggi setempat. Selain itu, sudah mengarah bukan hanya penyakit jantung, tetapi juga diabetes. Beberapa tehnik penyembuhan jantung juga dilakukan seperti telemedicine dan jantung buatan,” ujar Ali Mazi.

RS di Jerman itu telah menangani 200 kasus jantung buatan. “Selain itu, ada juga tenaga teknis yang bertugas mengecek orang yang terindikasi penyakit jantung, dan beberapa inovasi penting juga dilakukan untuk pengobatan jantung.” (IZn – persi.or.id)

baca artikel