Puskesmas Batu Rusa Raih Akreditasi Tertinggi dari Kemenkes

puskesmas batu rusa

puskesmas batu rusa

Bangka – Puskesmas Batu Rusa Kabupaten Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung meraih akreditasi Purna atau akreditasi tertinggi dari Kementrian Kesehatan.

“Puskesmas Batu Rusa tersebut merupakan satu-satunya Puskemas di Bangka Belitung yang meraih akreditasi purna. Ada beberapa kriteria penilaian yang dilakukan untuk mendapatkan akreditasi tersebut, di antaranya standar administrasi dan manajemen yang meliputi penyelenggaraan pelayanan kesehatan, kepemimpinan dan manajemen Puskesmas, serta peningkatan mutu Puskesmas,” ujar Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bangka, dr Then Suyanti, baru-baru ini.

Saat ini, kata Then, pelayanan Puskesmas harus memiliki akreditasi agar sesuai dengan standar dan pelayanan minimum (SPM) yang sudah ditentukan Kementerian Kesehatan. Semua Puskesmas di Bangka Belitung kini sudah dilengkapi tenaga kesehatan yang terampil di bidangnya, sebagai upaya meningkatkan kualitas pelayanan termasuk ketersediaan dokter di setiap Puskesmas.

“Meskipun baru satu Puskemas di daerahnya yang sudah terakreditasi purna namun seluruh Puskemas yang ada di delapan kecamatan sudah terakreditasi juga, dengan berbagai tingkatan sesuai ketentuan Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) yaitu tingkat Dasar, Madya, Utama dan tingkat tertinggi Purna. (IZn-persi.or.id)

baca artikel