Prinsip dan Teknik Menyusun Anggaran Rumah Sakit Efektif Menuju Kinerja Optimal

flayer pelatihan imrs0920

flayer pelatihan imrs0920

Di era sekarang dan ke depan yang semakin kompleks, ditambah dampak pandemi covid-19 seperti saat ini, Rumah Sakit (RS) dituntut tetap dapat meningkatkan mutu pelayanan sekaligus mengendalikan biaya. RS dihadapkan pada tuntutan mutu dan keselamatan pasien, tetapi di saat yang sama juga harus mampu meraih kinerja keuangan yang optimal.

Untuk menjamin kelangsungan pelayanan dan kemampuan kompetitif di tengah terbatasnya sumber daya dan menurunnya pendapatan, manajemen RS harus mampu menyusun rencana dan penganggaran RS secara tepat dan efektif agar biaya operasioan pelayanan RS yang semakin besar tetap dalam koridor efisien dan produktif.

Selama ini RS telah biasa menyusun anggaran, tetapi kebanyakan masih dengan pendekatan sederhana dan konvensional, belum mengimplementasikan teknik analisis ekonomi dan biaya yang memadai. Hal ini terjadi karena pemahaman konsep biaya yang masih terbatas dan belum terbangunnya budaya akuntansi biaya pelayanan medis yang baik, di samping kurangnya kemampuan SDM di RS dalam teknis analisis dan asumsi kinerja untuk keperluan menyusun anggaran.

Manajemen, pengelola dan pemilik RS perlu memahami prinsip-prinsip dan teknik penyusunan anggaran yang tepat dan efektif agar penggunaan sumberdaya dan dana yang terbatas tetap mendapatkan kinerja optimal untuk kelangsungan dan kemampuan kompetitif RS di situasi apapun.

Untuk itu PP PERSI bekerjasama dengan Publiconsult akan menyelenggarakan Pelatihan “Prinsip dan Teknik Menyusun Anggaran RS Efektif Menuju Kinerja Optimal”. Pelatihan ini akan dipandu oleh instruktur berlatar belakang profesi keuangan/akuntansi yang mendalami masalah pembiayaan RS dan para praktisi Hospital Preneurship yang akan berbagi pengalaman dalam menyusun anggaran RS.

Pelatihan ini dikemas dan disampaikan dengan cara yang mudah oleh praktisi akuntansi yang mendalami manajemen keuangan pelayanan RS. Meskipun latar belakang perserta bukan dari profesi ekonomi dan keuangan, peserta akan dibimbing bagaimana menghitung, menganalisis dan menyusun anggaran pelayanan RS secara mudah dan praktis.

Informasi Selengkapnya