PERSI Terima Bantuan Masker dan Rapid Test dari Tzu Chi Indonesia

bantuan buddha tzuchi

Perhimpunan Rumah Sakit Seluruh Indonesia (PERSI) menerima bantuan sebanyak 30.000 masker dan 2.000 alat tes cepat (rapid test) dari Yayasan Buddha Tzu Chi Indonesia, pada Jumat (27/3).

dr. Grace Cielia, MKK, anggota Kompartemen Hospital Social Responsibility  PERSI menyatakan, untuk menghadapi pandemi Covid-19 yang paling mendesak adalah alat pelindung diri (APD) bagi tenaga kesehatan yang berada di garda depan. Guna mengatasi kekurangan APD yang dialami banyak rumah sakit (RS), PERSI menghimpun donasi, salah satunya dari Yayasan Buddha Tzu Chi Indonesia.

bantuan buddha tzuchi3

“Kami dari PERSI mengucapkan sangat terima kasih karena sumbangan ini memang sangat dibutuhkan oleh RS dan personilnya, baik tim medis maupun nonmedis di seluruh Indonesia,” kata Grace.

bantuan buddha tzuchi1

Selanjutnya, lanjut Grace, PERSI akan menyebarkan bantuan itu ke RS yang memerlukan. Data yang saat ini dimiliki PERSI, sebanyak 37 RS yang saat ini menangani Covid-19 dengan jumlah pasien cukup banyak. “Kami telah mendata keperluan APD bagi RS yang menangani Covid-19. Kami sangat bersyukur karena selain masker, kami juga menerima bantuan alat rapid test yang diperlukan untuk menjaring pasien suspect Covid-19. Kami sendiri sangat kesulitan untuk mendapatkan APD. Saya sendiri sangat surprise Tzu Chi dapat memberikan dalam jumlah besar,” kata Grace.

PERSI, kata Grace, menaungi RS dan asosiasi perumahsakitan dengan jumlah anggota lebih dari 1.800 RS seluruh Indonesia.

bantuan buddha tzuchi2

Pemberian bantuan Tzu Chi Indonesia itu merupakan bagian dari rangkaian kontribusi yang berfokus pada pemenuhan kebutuhan medis kepada kalangan perumahsakitan dan instansi terkait penanganan wabah Covid-19. Selain PERSI, sebanyak 11 instansi yang mengambil langsung bantuan medis berupa masker ke Kantor Tzu Chi Indonesia, di antaranya Rumah Sakit (RS) Fatmawati, RS Husada, serta RS Anna Medika. Selain itu, datang pula perwakilan puskesmas dari Puskesmas Penjaringan, Kelapa Gading, dan Cilincing. (IZn – persi.or.id)


 Sumber : Tzu Chi Indonesia