PERSI Gelar Webinar Hasil Survey Cepat tentang Rekam Medis Elektronik dan Digitalisasi RS

Perhimpunan Rumah Sakit Seluruh Indonesia (PERSI) menggelar Webinar Pembahasan Hasil Survey Cepat PERSI tentang Rekam Medis Elektronik (RME) dan Digitalisasi Rumah Sakit, hari ini, Kamis, 11 Agustus 2022.

Ketua Umum PERSI dr. Bambang Wibowo, SpOG(K), MARS, FISQua dalam sambutannya memaparkan, PERSI telah melakukan survey cepat untuk melihat perkembangan komitmen kalangan perumahsakitan dalam mengimplementasikan teknologi informasi, khususnya digitalisasi rekam medik elektronik.

“Kami mengucapkan terimakasih atas partisipasi, ada sekitar 650 rumah sakit (RS) yang berpartisipasi dalam survey ini, jadi ada sekitar 20%. Survey ini akan bisa memperlihatkan bagaimana peta dan kondisi RS yang sebenarnya juga cukup representastif, khususnya dalam RME dan digitalisasi,” ujat Bambang dalam Webinar yang disiarkan secara langsung dalam platform KITRAS.

Bambang juga menegaskan, program yang dicanangkan Kementerian Kesehatan (Kemenkes) untuk melakukan transformasi digital harus didukung oleh upaya serupa yaitu transformasi digital oleh RS.

“Maka kami berharap, program Kemenkes ini dapat dimanfaatkan sebagai momentum percepatan untuk meningkatkan kinerja RS. Hasil survey ini juga bisa dimanfaatkan stake holder yang lain untuk melakukan upaya melakukan percepatan agar digitalisasi ini bisa berjalan lebih cepat.”

PERSI, kata Bambang, menemukan fakta bahwa ada RS yang sudah cukup kuat dan mampu mengimplementasikan RME dan digitalisasi, namun ada juga yang membutuhkan dukungan dan perhatian lebih besar.
“PERSI melihat, bagaimana antar RS bisa saling mendukung agar implementasi bisa berjalan dengan baik. Terimakasih juga kepada Kemenkes, semoga hasil survey ini bisa dimanfaatkan bersama. Tidak mungkin tranformasi digital ini hanya dilakukan Kemenkens, tapi juga harus didukung RS.”

Bambang juga menyatakan, pekan depan PERSI juga akan melakukan sosialiasasi mengenai survey yang dilakukan terkait implementasi Kelas Rawat Inap Standar (KRIS) yang sudah dilakukan PERSI. “Kami berharap dengan adanya data-data riil ini maka kita bisa melakukan intervensi pada RS.”

Pada Webinar Pembahasan Hasil Survey Cepat PERSI tentang RME dan Digitalisasi Rumah Sakit itu, Bambang juga secara simbolis memberikan tanda apresiasi pada RSUPN Cipto Mangunkusumo yang sudah berpartisipasi dalam survey. (IZn – persi.or.id)

Berita Terkait:
Hasil Survey Cepat RME dan Digitalisasi: Implementasi JKN dan Pandemi Sukses Akselerasi