Pengurus PERSI Kalsel Periode 2022 – 2025 Dilantik, Siap Kawal Kolaborasi

Pengurus Perhimpunan Rumah Sakit Seluruh Indonesia (PERSI) Wilayah Kalimantan Selatan (Kalsel) Periode 2022 – 2025 yang dipimpin Dr. dr. Izaak Zoelkarnain Akbar, Sp.OT (K) dilantik pada Sabtu (2/4). Pelantikan dilakukan langsung Ketua Umum Pengurus Pusat PERSI Pusat dr. Bambang Wibowo, Sp.OG (K), MARS, FISQua di Banjarmasin.

Pelantikan dihadiri jajaran pengurus PERSI Wilayah Kalsel lainnya, yaitu Wakil Ketua AKBP dr. Bambang Prasetya, Sp.B, Sekretaris Dr. dr. Abd. Halim, Sp.PD, FINASIM, SH, MH, MM., Wakil Sekretaris dr. Anindya Wisastra Inggas Ariawan, M.Kes, Bendahara Siti Ratna Rafita, S.Kep, M.M serta Wakil Bendahara Abi Adithya Wibowo,A.Md.

Bambang Wibowo menyatakan PERSI bertujuan membantu anggotanya, kalangan perumahsakitan, untuk maju bersama. “PERSI juga menjadi mitra strategis pemerintah dalam membantu persoalan pelayanan kesehatan. Sebagai contoh, dalam target menurunkan angka kematian ibu dan bayi dan persoalan nasional lainnya,” ungkap Bambang Wibowo.

“Tentunya, rumah sakit (RS) daerah harus berbenah agar tak kalah dengan RS asing. Cukup berobat di RS daerah, tidak perlu ke luar daerah atau ke RS asing,” ujar Bambang Wibowo.

Ketua Umum PERSI 2021-2024 yang juga mantan Direktur Jenderal Pelayanan Kesehatan Kementerian Kesehatan itu juga berpesan agar kompetensi sumberdaya manusia perumahsakitan di Kalsel hendaknya minimal sama atau mendekati dengan kondisi di Pulau Jawa.

Dalam sambutannya, menanggapi pesan Ketua Umum PERSI, Izaak menyatakan PERSI Wilayah Kalsel bertujuan menghimpun kalangan RS untuk berbagi ilmu dan pengalaman untuk meningkatkan kualitas tata kelola. “Agar semua RS saling asih dan asuh dalam pelayanan kepada masyarakat menjadi lebih baik,” ujarnya.

Selanjutnya, PERSI Wilayah Kalsel juga akan memudahkan kerja sama dengan mitra RS. “Cukup diserahkan ke PERSI, maka semua rumah sakit bisa mempelajari bersama kerja sama tersebut.”

Sementara Majelis Kehormatan Etik RS Indonesia (MAKERSI) Wilayah Kalsel yang juga dilantik, diketuai Dr. dr. Endah Labati Silapurna, M.HKes, serta didukung Harun Arrasyid, S.Kep., M.HKes sebagai Sekretaris dan anggota dr. Abimanyu, Sp.PD.KGEH. FINASIM, Dr. Muhammad Ramadhan, SE, M.Akt, serta dr. Danny Indrawardhani, MMRS. (IZn – persi.or.id)