Pemkot Depok Tambah Kapasitas ICU RSUI, Pastikan Penanganan Pascalebaran

Rumah Sakit Universitas Indonesia (RSUI) Depok, Jawa Barat, kini menambah 17 tempat tidur Intensive Care Unit (ICU) bagi pasien COVID-19. Penambahan fasilitas ini untuk mengantisipasi ledakan kasus COVID-19 pascalebaran. Kapasitas ruang ICU dari semula 23 menjadi 40 kamar

ICU itu diharapkan dapat memprioritaskan warga Depok yang membutuhkan pelayanan, sehingga tidak ada lagi warga yang kesulitan mengakses layanan. Fasilitas itu merupakan hasil penandatanganan perjanjian kerja sama swakelola antara Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Depok bersama RSUI.

“Kami siap memberikan pelayanan terbaik untuk masyarakat Depok. Sudah menjadi kewajiban kami sebagai RS yang berada di wilayah Depok untuk mengutamakan rujukan bagi warga di kota ini,” kata Direktur RSUI Kota Depok Astuti Giantini.

Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan Dinkes Kota Depok Enny Ekasari dalam keterangannya di Depok, Rabu, mengatakan sesuai Surat Keputusan Wali Kota Depok Nomor 440/140/Kpts/Dinkes/Huk/2020, RSUI ditunjuk sebagai rumah sakit dedikasi COVID-19 sejak Maret 2020. Untuk itu, diharapkan dapat meningkatkan kapasitas ruang ICU untuk penanganan pasien COVID-19 dengan kategori berat dan kritis. (IZn – persi.or.id)