Pelatihan Virtual “Cara Efektif Menyusun Laporan Keuangan Rumah Sakit, Solusi Praktis Sesuai Standar Akuntansi”

flayer pelvir persi publico

flayer pelvir persi publico

Sebagai entitas industri kesehatan yang saat ini dan ke depan tergolong entitas yang memiliki kompleksitas dan risikio manajemen tinggi, manajemen Rumah Sakit (RS) sangat membutuhkan Informasi dan analisis dari laporan keuangan untuk pengambilan keputusan ekonomi yang tepat dan efektif bagi RS. Informasi keuangan yang relevan juga sangat dibutuhkan berbagai pihak yang berkepentingan (investor, kreditor, perpajakan dan lain-lain).

Karena itu laporan keuangan RS harus dipastikan dapat disusun dengan benar berbasis pada standar akuntansi yang tepat, yaitu Standar Akuntansi Keuangan (SAK) yang ditetapkan oleh Ikatan Akuntan Indonesia (IAI) dan Standar Akuntansi Pemerintahan (SAP) sesuai PP No. 71 tahun 2010 dan PSAP 13. Saat ini standar akuntansi keuangan yang berlaku meliputi SAK Umum atau PSAK, SAK ETAP, SAK EMKM dan SAK Syariah.

Pada kenyataannya hingga saat ini Implemantasi standar akuntansi tersebut di sebagian besar RS masih ditemukan berbagai permasalahan, yang antara lain disebabkan oleh :

  1. Belum optimalnya dukungan penyediaan data yang tepat waktu dan akurat oleh para pelaku transaksi;
  2. Belum tersedianya pedoman akuntansi yang digunakan sesuai dengan standar akuntansi yang ditetapkan;
  3. Manajemen RS kurang memahami dan kurang memanfaatkan laporan keuangan untuk kepentingan perencanaan, pengendalian dan pengambilan keputusan;
  4. Penggunaan aplikasi akuntansi sudah cukup luas di RS, tetapi tidak didasari oleh pemahaman yang memadai tentang proses akuntansi sesuai kebijakan akuntansi di internal RS.
  5. Terbatasnya kompetensi keuangan pengelola dan pemilik RS yang sebagian besar memang bukan berlatar profesi ekonomi/keuangan.

Solusi dari permasalahan di atas hanya dapat dilakukan dengan komitmen yang kuat dari manajemen RS untuk pembenahan pengelolaan akuntansi dan laporan keuangnan RS, antara lain melalui upaya peningkatan kompetensi pengelola akuntansi dan keuangan RS, selain pembenahan pada sisi sarana, sistem dan lain-lain.

Berdasarkan pemikiran itu PP PERSI bekerjasama dengan lembaga PubliConsult (Public Services Management Training & Consulting) akan menyelenggarakan Pelatihan “Cara Efektif Menyusun Laporan Keuangan Rumah Sakit, Solusi Praktis Sesuai Standar Akuntansi”,

Pelatihan ini akan dipandu oleh instruktur berlatar belakang profesi keuangan/akuntansi yang mendalami masalah pembiayaan, keuangan dan akuntansi RS dan para praktisi Hospital Preneurship yang akan berbagi pengalaman dalam menyusun dan memanfaatkan laporan keuangan RS.

Pelatihan dikemas dan disampaikan dengan cara yang mudah oleh praktisi akuntansi yang mendalami manajemen keuangan pelayanan RS. Meskipun latar belakang perserta bukan dari profesi ekonomi dan keuangan, peserta akan dibimbing bagaimana menyusun laporan keuangan RS secara efektif dan praktis.

WAKTU PELAKSANAAN

Hari/Tanggal : Selasa – Kamis, 13 – 15 Oktober 2020;
Jadwal Siang/Sore : 13.00 – 16.00 wib;
Jadwal Malam : 19.00 – 21.15 wib;
Tempat : Kantor/tempat masing-masing peserta

PESERTA YANG DIHARAPKAN MENGIKUTI

  1. Direksi dan pemilik Rumah Sakit;
  2. Dewan Pengawas Rumah Sakit dan SPI Rumah Sakit;
  3. Menejer pelayanan dan pendukung pelayanan di berbagai lini dan fungsi di Rumah Sakit;
  4. Menejer Program/Anggaran/Keuangan/Akuntansi Rumah Sakit;
  5. Lain-lain yang terkait dengan topik pelatihan tersebut di atas.

NARASUMBER/FASILITATOR

  1. dr. Kuntjoro Adi Purjanto, M.Kes. (Ketua Umum Pengurus Pusat PERSI);
  2. Prof. dr. Abdul Kadir, Ph.D, Sp.THT-KL (K), MARS. (Plt. Direktur Jenderal Pelayanan Kesehatan, Kementerian Kesehatan RI)
  3. drs. Widartoyo, Ak., MM., M.Si., CPA, CA. (Praktisi Akuntansi yang mendalami manajemen Keuangan RS, Kantor Akuntan Publik, Konsultan Keuangan RS BLU, Dewan Pengawas RS BLU, Dosen PTN dan PTS, Pengurus Pusat PERSI dan ARSADA, Pengurus IAI Jatim);
  4. dr. Ediansyah, MARS., MM. (Direktur RS An-NisaTangerang, Praktisi Hospital Preneurship);

 TOR CARA EFEKTIF MENYUSUN LAPORAN KEUANGAN RUMAH SAKIT, SOLUSI PRAKTIS SESUAI STANDAR AKUNTANSI,