Pelatihan Virtual Berbasis Kompetensi Manajer Keselamatan Pasien Rumah Sakit

Dalam rangka meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan, dibutuhkan tindakan yang komprehensif dan responsif terhadap insiden keselamatan pasien di fasilitas pelayanan kesehatan agar kejadian serupa tidak terulang kembali. Keselamatan Pasien adalah suatu sistem yang membuat asuhan pasien lebih aman, meliputi asesmen risiko, identifikasi dan pengelolaan risiko pasien, pelaporan dan analisis insiden, kemampuan belajar dari insiden dan tindak lanjutnya, serta implementasi solusi untuk meminimalkan timbulnya risiko dan mencegah terjadinya cedera yang disebabkan oleh kesalahan akibat melaksanakan suatu tindakan atau tidak mengambil tindakan yang seharusnya diambil Keselamatan Pasien Rumah Sakit perlu disesuaikan dengan perkembangan dan kebutuhan Pelayanan di fasilitas pelayanan kesehatan, sehingga perlu terus menerus disempurnakan.

Pengaturan Keselamatan Pasien bertujuan untuk meningkatkan mutu pelayanan fasilitas pelayanan kesehatan melalui penerapan manajemen risiko dalam seluruh aspek pelayanan yang disediakan oleh fasilitas pelayanan kesehatan.

Penyelenggaraan Keselamatan Pasien dilakukan melalui pembentukan sistem pelayanan yang menerapkan: a. standar Keselamatan Pasien; b. sasaran Keselamatan Pasien; dan c. tujuh langkah menuju Keselamatan Pasien. Penerapan Keselamatan Pasien di Rumah Sakit melibatkan banyak pihak terkait baik dari jajaran Direktorat Pelayanan Medik Dan Keperawatan, Direktorat Umum dan SDM, Direktorat Penunjang dan Direktorat Keuangan dan juga stakeholder eksternal di luar rumah sakit. Untuk menerapkan keselamatan pasien dibutuhkan adanya penetapan program manajemen keselamatan pasien di rumah sakit.

Program Manajemen Keselamatan Pasien dikembangkan baik secara bottom up maupun top down melalui suatu sistem manajemn mulai dari perencanaan, pelaksanaan, monitoring dan evaluasi serta pelaporan yang sistimatis. Dengan demikian diperlukan kemampuan bagi para manajer di Rumah Sakit untuk melakukan manajemen keselamatan pasien yang disesuaikan dengan visi, misi dan tujuan rumah sakit, peraturan perundangan tentang keselamatan pasien serta perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi melalui suatu “Pelatihan Virtual Berbasis Kompetensi Manajer Keselamatan Pasien Rumah Sakit”. Pelatihan ini sebagai salah satu wujud partisipasi IKPRS-LDP PERSI untuk membentuk personal yang ditugaskan untuk mengelola unit pelayanan atau unit kerja di Rumah Sakit agar kompetent dalam menjalankan tugasnya dalam mengelola manajemn keselamatan pasien.

WAKTU DAN CARA PENDAFTARAN :
Rabu – Jum’at, 17 – 19 November 2021 (pukul 07.30 – 21.00 WIB)
Dengan cara mengakses :
LINK REGISTRASI : https://bit.ly/Registrasi-MKPRS-PERSI

BIAYA DAN CARA PEMBAYARAN

  • Biaya registrasi Rp. 3.250.000 / peserta
    Biaya sudah termasuk biaya Uji Kompetensi Sertifikasi Manajer Keselamatan Pasien RS tanggal 27 November 2021 di Balai Besar Pelatihan Kesehatan (BBPK) Kampus Cilandak, Jakarta Selatan.
  • Biaya belum termasuk transportasi, akomodasi, peserta saat Uji Kompetensi Sertifikasi tanggal 27 November 2021 di BBPK Kampus Cilandak, Jakarta Selatan.
  • Biaya mohon di transfer ke :
    Bank Mandiri nomor rekening 120-0001061972
    A.n Perhimpunan RS Se.Indonesia (PERSI),

    jika sudah melakukan pembayaran mohon bukti transfer dapat di upload pada link registrasi.

NARAHUBUNG
PEBRIYANA, SE : +62 812-1879-1331

Surat Edaran PERSI terkait kegiatan Pelatihan Virtual Berbasis Kompetensi Manajer Keselamatan Pasien Rumah Sakit klik disini…