Pelatihan Virtual : Analisis Berbagai Jenis Biaya Untuk Efisiensi dan Pengambilan Keputusan Ekonomi Yang Efektif di Rumah Sakit

flayer pv1120

Di era ke depan yang semakin kompleks ditambah dampak pandemi covid-19 seperti saat ini, Rumah Sakit (RS) dituntut tetap dapat mengendalikan mutu pelayanan sekaligus mengendalikan biaya. RS dihadapkan pada tuntutan mutu dan keselamatan pasien, tetapi di saat yang sama juga harus mampu menjamin tercapainya kinerja, termasuk di dalamnya efisiensi biaya dalam implementasi sistem pembiayaan berbasis asuransi (termasuk klaim biaya pelayanan pasien covid-19).

Untuk menjamin likuiditas, kelangsungan pelayanan dan kemampuan kompetitif di tengah keadaan menurunnya pendapatan, manajemen RS harus mampu melakukan perhitungan dan analisis biaya yang akurat dengan dukungan sistem akuntansi biaya yang memadai, sehingga dapat diperoleh informasi biaya sebagai alat pengendalian, perencanaan, dan pengambilan keputusan ekonomi yang efektif.

Manajemen RS di era seperti saat ini tidak lagi fokus pada perhitungan unit cost untuk dasar kebijakan tarif, tetapi harus mampu menganalisis biaya dan pendapatan setiap diagnosis kemudian menentukan kebijakan agar tidak terjadi inefisiensi dan “kerugian”.

Clinical pathway dan sistem akuntansi biaya ibarat dua sisi mata uang dalam implementasi JKN, tetapi masih banyak pengelola/mannajemen RS yang kesulitan dalam implementasinya, disebabkan oleh pemahaman konsep biaya yang keliru dan belum terbangunnya budaya akuntansi biaya pelayanan medis yang baik, disamping kurangnya kemampuan SDM dalam teknis perhitungan biaya.

Berdasarkan pemikiran tersebut PP PERSI akan menyelenggarakan Pelatihan “Analisis Berbagai Jenis Biaya untuk Efisiensi dan Pengambilan Keputusan Ekonomi yang Efektif di Rumah Sakit”. Manajemen dan pemilik RS sangat perlu memiliki pemahaman tentang hal ini.

Pelatihan ini dikemas dan disampaikan dengan cara yang mudah oleh praktisi akuntansi yang mendalami manajemen keuangan pelayanan RS. Meskipun latar belakang perserta bukan dari profesi akuntansi dan keuangan, peserta akan dibimbing bagaimana menghitung, menganalisis dan merencanakan biaya pelayanan di RS secara lebih mudah dan praktis.

Pelatihan akan dipandu oleh instruktur berlatar belakang profesi keuangan/akuntansi yang mendalami masalah pembiayaan RS dan para praktisi Hospital Preneurship yang akan berbagi pengalaman dalam merespons kondisi KLB seperti saat ini.

WAKTU PELAKSANAAN
Hari/Tanggal : Kamis – Sabtu, 12 – 14 November 2020;
Jadwal Siang/Sore : 13.00 – 16.00 wib;
Jadwal Malam : 19.00 – 21.15 wib;
Jadwal Hari ke-3 : 08.30 – 15.15 wib.
Tempat : Kantor/tempat masing-masing peserta.

NARASUMBER/FASILITATOR

  1. Prof. dr. Abdul Kadir, Ph.D., Sp.THT-KL (K), MARS. (Direktur Jenderal Pelayanan Kesehatan, Kementerian Kesehatan RI);
  2. dr. Kuntjoro Adi Purjanto, M.Kes. (Ketua Umum Pengurus Pusat PERSI);
  3. drs. Widartoyo, Ak., MM., M.Si., CPA, CA. (Praktisi Akuntansi yang mendalami manajemen Keuangan RS, Kantor Akuntan Publik, Konsultan Keuangan RS BLU, Dewan Pengawas RS BLU, Dosen PTN dan PTS, Pengurus Pusat PERSI dan ARSADA, Pengurus IAI Jatim);
  4. dr. Ediansyah, MARS., MM. (Direktur RS An-NisaTangerang, Praktisi Hospital Preneurship).

BIAYA INVESTASI PER PESERTA

  1. Rp 1.000.000,- (satu juta rupiah) per peserta, untuk masing-masing peserta ke-1 dan ke-2 dari satu RS/Instansi yang sama, (disebut peserta utama);
  2. Rp 500.000,- (lima ratus ribu rupian) per peserta, untuk masing-masing peserta ke-3, ke-4 dan seterusnya dari satu RS/Instansi yang sama, (disebut peserta tambahan);
  3. Kalau suatu RS/Instansi membiayai peserta dari Instansi/RS yang lain, tetap berlaku ketentuan seperti tersebut di atas (peserta utama/peserta tambahan);

CARA MENDAFTAR

  1. Daftarkan diri melalui registrasi secara online pada link berikut : bit.ly/persi-publiconsult5 (wajib mengisi nama lengkap dan gelar untuk sertifikat, alamat e-mail yang aktif, No. HP dengan WhatsApp aktif, RS/Instansi, Jabatan, keterangan peserta utama/tambahan);
  2. Masing-masing peserta (utama/tambahan) mengisi formulir pendaftaran yang telah disediakan;
  3. Lakukan pembayaran dengan mentransfer ke Bank BNI cabang Slamet Riyadi Solo, Rek. No. 07102 47362 a.n. Roning Binoni Lea;
  4. Kirimkan foto bukti transfer/pembayaran melalui WhatsApp ke Sdri. Puspita (HP. No. 0821 3593 0006) atau Sdr. Endik; (HP. No. 0822 6435 3088)
  5. Apabila poin 3 sudah dipenuhi akan dikirim link Zoom ke e-mail yang bersangkutan pada hari pengiriman foto bukti transfer (perhatian : link Zoom hanya bisa di akses pada e-mail peserta yang ditulis dalam formulir pendaftaran);
  6. Batas pendaftaran/pembayaran pelatihan online tanggal 11 November 2020, jam 24.00 wib.