Pelatihan Secara Virtual: Menyusun Laporan Keuangan Rumah Sakit Tahun 2020, Solusi Praktis Sesuai Standar Akuntansi

Tahun 2020 segera akan berakhir dan segera memasuki tahun 2021. Semua stakeholders (manajemen, pemilik, investor, kreditor, perpajakan dan lain-lain) membutuhkan informasi tentang kinerja keuangan RS sebagai cerminan dari kinerja operasional RS selama satu tahun, yaitu berupa Laporan Keuangan.

Informasi dari Laporan Keuangan yang relevan juga sangat dibutuhkan manajemen/pengelola RS sebagai bentuk pertanggungjawaban dan sebagai dasar pengambilan keputusan ekonomi yang efektif bagi RS di masa depan.

Karena itu Laporan Keuangan RS harus dipastikan dapat disusun dengan benar berbasis pada standar akuntansi yang tepat, yaitu Standar Akuntansi Keuangan (SAK) yang ditetapkan oleh Ikatan Akuntan Indonesia (IAI) atau Standar Akuntansi Pemerintahan (SAP) sesuai PP No. 71 tahun 2010 dan PSAP. Saat ini Standar Akuntansi Keuangan yang berlaku meliputi SAK Umum atau PSAK, SAK ETAP, SAK EMKM dan SAK Syariah.

Pada kenyataannya hingga saat ini Laporan Keuangan RS sebagian belum sesuai standar akuntansi tersebut, di sebagian RS masih ditemukan berbagai permasalahan, yang antara lain disebabkan oleh :

  1. Belum optimalnya dukungan penyediaan data yang tepat waktu dan akurat oleh para pelaku transaksi;
  2. Belum tersedianya pedoman akuntansi yang digunakan sesuai dengan standar akuntansi yang ditetapkan;
  3. Manajemen RS kurang memahami dan kurang memanfaatkan Laporan Keuangan untuk kepentingan perencanaan, pengendalian dan pengambilan keputusan;
  4. Penggunaan aplikasi akuntansi sudah cukup luas di RS, tetapi belum didasari oleh pemahaman yang memadai tentang proses akuntansi sesuai kebijakan akuntansi di internal RS.
  5. Terbatasnya kompetensi keuangan pengelola dan pemilik RS yang sebagian besar memang bukan berlatar profesi ekonomi/keuangan.

Solusi dari permasalahan di atas hanya dapat dilakukan dengan komitmen yang kuat dari manajemen RS untuk pembenahan pengelolaan Akuntansi dan Laporan Keuangnan RS, antara lain melalui upaya peningkatan kompetensi pengelola akuntansi dan keuangan RS, selain pembenahan pada sisi sarana, sistem dan lain-lain.

Berdasarkan pemikiran itu PP PERSI bekerjasama dengan lembaga PubliConsult (Public Services Management Training & Consulting) akan menyelenggarakan Pelatihan “Menyusun Laporan Keuangan Rumah Sakit Tahun 2020, Solusi Praktis Sesuai Standar Akuntansi”,

Pelatihan ini akan dipandu oleh instruktur berlatar belakang profesi keuangan/akuntansi yang mendalami masalah pembiayaan, keuangan dan akuntansi RS dan para praktisi Hospital Preneurship yang akan berbagi pengalaman dalam menyusun dan memanfaatkan Laporan Keuangan RS.

Pelatihan dikemas dan disampaikan dengan cara yang mudah oleh praktisi akuntansi yang mendalami manajemen keuangan RS. Meskipun latar belakang perserta bukan dari profesi ekonomi dan keuangan, peserta akan dibimbing bagaimana menyusun Laporan Keuangan RS secara efektif dan praktis.

WAKTU PELAKSANAAN
Hari/Tanggal : Kamis – Sabtu, 14 – 16 Januari 2021;
Jadwal Siang/Sore : 13.00 – 16.00 wib;
Jadwal Malam : 19.00 – 21.15 wib;
Jadwal Pagi Hari ke-3 : 08.00 – 11.00 wib;
Tempat : Kantor/tempat masing-masing peserta.

PESERTA YANG DIHARAPKAN MENGIKUTI

  1. Direksi/Direktur Keuangan RS;
  2. Dewan Pengawas RS dan SPI RS;
  3. Menejer/Pengelola Program/Anggaran/Keuangan/Akuntansi RS;
  4. Menejer pelayanan dan pendukung pelayanan di berbagai lini dan fungsi di RS;
  5. Lain-lain yang terkait dengan topik pelatihan tersebut di atas.

NARASUMBER/FASILITATOR

  1. dr. Kuntjoro Adi Purjanto, M.Kes. (Ketua Umum Pengurus Pusat PERSI);
  2. dr. Agus Suryanto, Sp.PD-KP., MARS., MH. (Direktur Utama RSUP Persahabatan Jakarta, Direktur Utama RSUP Dr. Kariadi Semarang 2016-2020);
  3. drs. Widartoyo, Ak., MM., M.Si., CPA, CA. (Praktisi Akuntansi yang mendalami manajemen Keuangan RS, Kantor Akuntan Publik, Konsultan Keuangan RS BLU, Dewan Pengawas RS BLU,
    Dosen PTN dan PTS, Pengurus Pusat PERSI dan ARSADA, Pengurus IAI Jatim);
  4. dr. Ediansyah, MARS., MM. (Direktur RS An-NisaTangerang, Praktisi Hospital Preneurship);

BIAYA INVESTASI PER PESERTA

  1. Rp 1.000.000,- (satu juta rupiah) per peserta untuk masing-masing peserta ke-1 dan ke-2 dari satu RS/Instansi yang sama (disebut peserta utama);
  2. Rp 500.000,- (lima ratus ribu rupian) per peserta untuk masing-masing peserta ke-3, ke-4 dan seterusnya dari satu RS/Instansi yang sama (disebut peserta tambahan);
  3. Kalau suatu RS/Instansi membiayai peserta dari Instansi yang lain, tetap berlaku ketentuan seperti tersebut di atas (peserta utama/peserta tambahan);

CARA MENDAFTAR

  1. Daftarkan diri melalui registrasi secara online pada link berikut : bit.ly/persi-publiconsult121 (wajib mengisi nama lengkap dan gelar secara lengkap untuk sertifikat, alamat e-mail yang aktif, No. HP dengan WhatsApp aktif, RS/Instansi, Jabatan, keterangan peserta utama/tambahan);
  2. Masing-masing peserta (utama/tambahan) mengisi formulir pendaftaran yang telah disediakan;
  3. Lakukan pembayaran dengan mentransfer ke Bank BNI Cabang Slamet Riyadi Solo, Rek. No. 0710247362 a.n. Roning Binoni Lea;
  4. Kirimkan foto bukti transfer/pembayaran melalui WhatsApp ke Sdri. Puspita (HP. No. 0821 3593 0006) atau Sdr. Endik (HP. No. 0822 6435 3088);
  5. Apabila poin 4 sudah dipenuhi akan dikirim link Zoom ke e-mail yang bersangkutan pada hari pengiriman foto bukti transfer (perhatian : link Zoom hanya bisa di akses pada e-mail peserta yang ditulis dalam formulir pendaftaran);
  6. Batas pendaftaran/pembayaran pelatihan online tanggal 13 Januari 2021, jam 24.00 wib.