Pelatihan “Manajemen Ruang Rawat Dengan Penerapan Model Praktik Keperawatan Profesional (MPKP)”

LATAR BELAKANG
Rumah Sakit sebagi institusi pelayanan kesehatan menyelenggarakan pelayanan kesehatan perorangan secara paripurna yang menyediakan pelayanan rawat inap, rawat jalan, dan pelayanan di ruang perawatan khusus. Dalam memberikan pelayanan, rumah sakit harus senantiasa memperhatikan mutu dan keselamatan pasien. Pelayanan kesehatan yang bermutu adalah pelayanan yang memiliki karakter aman, tepat waktu, efisien, efektif, berorientasi pada pasien, adil dan terintegrasi.

Dengan telah diberlakukannya standar akreditasi rumah sakit yang baru yaitu Standar Akreditasi Kementrian Kesehatan (STARKES), rumah sakit harus menitik beratkan pemberian pelayanan yang berfokus pada pasien. Pelayanan berfokus pada pasien merupakan pelayanan inovatif dan pelayanan profesional/unggulan yang perlu dilaksanakan oleh seluruh manajer di Rumah Sakit termasuk Manajer Keperawatan yang merupakan bagian integral dari pelayanan kesehatan di rumah sakit.

Salah satu strategi untuk meningkatkan mutu dan keselamatan pasien dalam memberikan pelayanan adalah dengan mengintegrasikan konsep PCC ke dalam area praktik keperawatan professional yang di terapkan di ruang perawatan. Untuk itu Manajer Lini/Kepala Ruang Perawatan perlu mengadakan perubahan di Ruang Rawat, baik perubahan struktur organisasi, penataan sumber daya keperawatan dan penataan metode pemberian asuhan keperawatan serta penataan sarana dan prasarana pelayanan.

Agar dapat memberikan pelayanan secara profesional, bermutu dan menjaga keselamatan pasien,manajer keperawatan, (kepala ruang rawat) sebagai manajer langsung dalam pemberian asuhan keperawatan, harus dapat menjamin terselenggaranya pelayanan keperawatan yang bermutu di area kerjanya.

Kemampuan manajerial seorang Kepala Ruangan dalam mengelola dan mengadakan perubahan di ruang keperawatan mempunyai daya ungkit yang besar dalam meningkatkan mutu dan citra pelayanan keperawatan yang berkualitas dan professional. Kepala Ruangan Keperawatan adalah Pengelola Lini Pertama dan merupakan ujung tombak yang langsung bersentuhan dengan pasien dan keluarganya.

Dalam mengelola Ruang Keperawatan, seorang kepala ruangan bekerja dengan dan melalui seluruh staf keperawatan dan non keperawatan dalam memberikan pelayanan dan asuhan keperawatan yang menjadi kewenangan dan tanggung jawabnya. Kepala Ruangan harus mampu membawa perubahan dalam mengelola Keperawatan mulai merencanakan, mengorganisir, mengarahkan serta kemampuan dalam pengawasan.

Salah satu upaya untuk memberikan pelayanan keperawatan yang berkualitas dan professional sesuai dengan tuntutan Akreditasi Rumah Sakit, Kepala Ruangan harus mampu menata sistem pemberian pelayanan keperawatan melalui pengembangan model praktik keperawatan yang ilmiah dan professional dan menerapan Model Praktik Keperawatan Profesional (MPKP) dan pelayanan yang befokus pada pasien.

Agar terselenggaranya pelayanan bermutu yang menjamin keselamatan pasien sesuai standar akreditasi Kemenkes (Starkes, 2022) kemampuan manajerial Kepala Ruangan dalam mengelola ruang keperawatan dan mengembangkan model praktek keperawatan professional perlu ditingkatkan melalui program pelatihan.

Sehubungan dengan hal tersebut diatas Institut Manajemen Rumah Sakit (IMRS-PERSI) Perhimpunan Rumah Sakit Seluruh Indonesia yang salah satu misinya adalah meningkatkan kompetensi provider pemberi pelayanan kesehatan, menyelenggarakan Pelatihan “Manajemen Ruang Rawat Dengan Penerapan Model Praktik Keperawatan Profesional (MPKP)”, hal ini merupakan langkah strategik agar Rumah Sakit di Indonesia dapat memberikan pelayanan Unggulan dan berkualitas yang sesuai dengan tuntutan Standar Nasional Akreditasi Rumah Sakit (Standar Akreditasi Rumah Sakit, Kementrian Kesehatan / STARKES 2022).

TUJUAN

  1. Tujuan Umum
    Setelah mengikuti pelatihan, seluruh peserta mampu melakukan perubahan dalam mengelola ruang rawat, secara profesional di seluruh tatanan pelayanan kesehatan dengan menerapkan pelayanan dan asuhan keperawatan profesional yang berfokus pada pasien.
  2. Tujuan Khusus
    Setelah menyelesaikan pelatihan peserta mampu :
    1) Perubahan Paradigma Pelayanan Kesehatan dan Keperawatan.
    2) Empat Pilar Konsep dan Prinsip Pengelolaan Pelayanan Keperawatan Profesional dalam Penerapan MPKP
    3) Komunikasi Terapeutik Dalam Pelayanan Dan Asuhan Keperawatan Profesional
    4) Motivasi Perawat Profesional
    5) Manajemen Pelayanan Keperawatan di Ruang Rawat
    6) Kepemimpinan Dalam Pelayanan Keperawatan
    7) Pencanaan SDM Dalam Pelayanan Keperawatan
    8) Pengorgasisasian Dalam Pelayanan Keperawatan
    9) Pengarahan Dalam Pelayanan Keperawatan
    10) Pengelolaan Logistic Keperawatan
    11) Pengendalian dan Pengawasan Dalam Pelayanan dan Asuhan Keperawatan
    12) Manajemen Asuhan Keperawatan
    13) Pendokumentasian Asuhan Keperawatan secara Electronik
    14) Penerapan Enam Sasaran Keselamatan Pasien di Ruang Rawat
    15) PPI di Ruang Rawat
    16) Indikator Mutu di Ruang Rawat

WAKTU DAN TEMPAT PELAKSANAAN
Hari/Tanggal : Selasa – Jumat, 6 – 9 Juni 2023
Tempat : Hotel Santika Premiere Slipi
Jl. Aipda K.S. Tubun No. 7, Slipi, Jakarta Barat

SASARAN PESERTA
Perawat Kepala Ruangan dan Perawat Ketua Tim di Rumah Sakit.

NARASUMBER / FASILITATOR
Para Praktisi Senior Keperawatan Pengelola Layanan Keperawatan yang Expert dalam Bidangnya.

METODE PELATIHAN
Pelatihan dilaksanakan secara offline selama 4 hari, dengan metode pelatihan sebagai berikut :
a. Ceramah dan Tanya Jawab
b. Diskusi
c. Praktek Laboratorium
d. Praktek Lapangan

EVALUASI

  1. Pre & Post Test dengan Google Form
  2. Ujian Praktek Laboratorium
  3. Praktek Mengelola Bangsal Keperawatan
  4. Presentasi Hasil Praktek Lapangan/Diskusi Kelompok

BIAYA INVESTASI PER PESERTA
Rp. 7.500.000,- /peserta

CARA MENDAFTAR/MEMBAYAR

  1. Daftarkan diri melalui registrasi online pada link berikut : https://bit.ly/Registrasi-PelatihanMPKP-0623 (masing – masing wajib mengisi nama lengkap dan gelar untuk sertifikat, alamat e-mail yang aktif, No. HP dengan WhatsApp aktif (mohon langsung bergabung melalui link wa group), RS/Instansi/Organisasi, Jabatan).
  2. Lakukan pembayaran dengan cara transfer melalui Bank Mandiri No. Rek. 120.0001061972 An. Perhimpunan RS SeIndonesia-PB
  3. Kirimkan foto bukti transfer/pembayaran melalui WhatsApp ke Sdri Desy (HP. 0812 1037 4733)

FASILITAS

  1. Akomodasi Hotel bagi peserta selama 4 malam di Hotel Santika Premiere Slipi
  2. Mengikuti Pelatihan selama 4 hari
  3. Coffe Break, Lunch dan Dinner selama Pelatihan
  4. Kits, Softcopy Materi, Kuitansi dan Sertifikat SKP PPNI

Lampiran:
TOR dan Surat Undangan Pelatihan “Manajemen Ruang Rawat Dengan Penerapan Model Praktik Keperawatan Profesional (MPKP)”