Pada Halal Bi Halal PERSI Kemenkes Ucapkan Terimakasih pada PERSI yang Telah Mengorkestrasi Layanan Kesehatan di Era Covid-19

meet anjari

meet anjari

Hari ini, Sabtu (30/5) Pengurus Pusat Perhimpunan Rumah Sakit Seluruh Indonesia (PERSI) menyelenggarakan acara halal bi halal Keluarga Besar PERSI melalui video teleconference.

Acara yang rutin diselenggarakan setiap tahun namun kali ini dilakukan daring itu bertema “Kembali Fitri dengan Memperkuat Silaturahim untuk Kebersamaan Melayani Sepenuh Hati pada Masyarakat di Tengah Ujian CoVid-19.”

meet drkuntjoro ap

Ketua Umum PERSI oleh Dr. Kuntjoro Adi Purjanto, M.Kes dalam sambutannya mengungkapkan pihaknya telah menyalurkan sumbangan dari berbagai pihak kepada rumah sakit (RS), hingga saat ini mencapai Rp 5 miliar dan ditargetkan mencapai Rp16 miliar hingga Juli dan Agustus mendatang.

“Jika dalam kondisi kali ini kalangan perumahsakitan diuji dengan Covid-19 yang tentunya tidak mudah, dan jika tenaga medis kita juga harus mempertaruhkan nyawa, bahkan beberapa telah menjadi syuhada, maka kami ridho dan akan terus berjuang dalam prahara ini demi kedaulatan kesehatan bangsa ini. Kita tidak boleh menyerah dan terserah. Salam sehat, sehat Indonesia,” ujar Kuntjoro.

meet drumarwahid

Sementara, Ketua Dewan Penyantun PERSI Dr. Umar Wahid, Sp.P mengungkapkan tahun ini genap 5 dekade dirinya berkecimpung di dunia perumahsakitan, dengan 3 dekade sebagai tenaga medis PNS.

“Dalam perjalanan ini, belum pernah saya menyaksikan cobaan yang sangat berat bagi RS dan tenaga medis, yang sebagian ada yang telah meninggal dunia dan ada pula yang masih dirawat. Tugas Pak Menkes saat ini sangat berat dan semoga Tuhan akan terus memberi kesehatan dan kearifan dalam mengambil keputusan untuk memimpin insan kesehatan Indonesia,”

Umar menyatakan, ia memahami para pemimpin pusat hingga daerah tidak mudah mengambil keputusan yang sangat penting bagi para pasien Covid-19, dunia perumahsakitan dan masyarakat Indonesia. Namun, ia menyatakan percaya bahwa Menkes dan seluruh pemimpin akan mengambil keputusan terbaik dan bermanfaat bagi seluruh masyarakat.

meet menkes drterawan

Sementara Menteri Kesehatan RI oleh Letjend. TNI (Purn.) DR. Dr. Terawan Agus Putranto Sp.Rad (K) RI dalam arahannya, menyatakan Idul Fitri ini dirayakan dalam kondisi religiusitas yang berbeda. Ke depannya, segenap masyarakat Indonesia juga akan menjalani tatanan kehidupan yang baru yang sehat dan bersih, seperti rutin cuci tangan, gunakan masker dan hindari kerumunan.

“Kebiasaan baru ini menjadi kesadaran kolektif, sehingga dibutuhkan dukungan positif dari PERSI untuk menyebarkannya pada masyarakat.”

Terawan juga mengungkapkan duka cita bagi para tenaga kesehatan yang telah meninggal dunia juga yang masih terus berjuang untuk menolong masyarakat. “Kami berikan penggargaan setinggi-tingginya bagi mereka.”

Secara khusus, Terawan juga mengucapkan terima kasih pada PERSI untuk mengorgansisir dengan baik irama layanan kesehatan di Indonesia. (IZn – persi.or.id)