Mulai Senin depan, RSMS Purwokerto Naikkan Tarif, Tak Berlaku bagi Peserta BPJS Kesehatan

Rumah Sakit Umum Daerah Prof Dr Margono Soekarjo (RSMS) Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah akan menyesuaikan tarif layanan mulai 1 Maret 2021 untuk mengakomodasi layanan-layanan baru seperti telemedicine, pelatihan daring, dan pendidikan.

Tarif layanan yang mengalami perubahan itu berlaku untuk layanan kelas VIP, kelas 1, dan kelas 2 sesuai Peraturan Gubernur Jawa Tengah Nomor 58 Tahun 2020 atas perubahan Peraturan Gubernur Jawa Tengah Nomor 21 Tahun 2017 tentang Tarif RSUD/RSJD Provinsi Jawa Tengah.

“Kenaikan tarif tidak berlaku untuk layanan kelas 3 karena pengaturan tarif layanan kelas 3 masih mendasarkan pada Peraturan Daerah Provinsi Jawa Tengah Nomor 1 Tahun 2009. Selain itu, penyesuaian tarif layanan juga tidak menyentuh pasien yang dijamin Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan, mereka akan tetap dilayani sesuai kelas,” ujar Direktur RSMS Purwokerto dr Tri Kuncoro MMR.

Penyesuaian tarif, kata Tri KUncoro, diiringi dengan peningkatan kualitas layanan, seperti pengantaran obat secara gratis di dalam dan luar wilayah Banyumas, serta fasilitas ruangan yang lebih nyaman.

Tri Kuncoro menambahkan, penyesuaian tarif yang tertuang dalam Peraturan Gubernur Jawa Tengah itu menjadi penanda, kebijakan itu didasari ketentuan yang legal dan dapat dipertanggungjawabkan atau akuntabel. (IZn – persi.or.id)