Menyusun Laporan Keuangan Rumah Sakit Tahun 2022 Solusi Praktis Sesuai Standar Akuntansi

DASAR PEMIKIRAN
Tahun 2022 segera akan berakhir dan segera memasuki tahun 2023. Semua stakeholders (manajemen, pemilik, investor, kreditor, perpajakan dan lain-lain) membutuhkan informasi tentang kinerja keuangan RS sebagai cerminan dari kinerja operasional RS selama satu tahun, yaitu berupa Laporan Keuangan.

Informasi dari Laporan Keuangan yang relevan juga sangat dibutuhkan manajemen/pengelola RS sebagai bentuk pertanggungjawaban dan sebagai dasar pengambilan keputusan ekonomi yang efektif bagi RS di masa depan.

Karena itu Laporan Keuangan RS harus dipastikan dapat disusun dengan benar berbasis pada standar akuntansi yang tepat, yaitu Standar Akuntansi Keuangan (SAK) yang ditetapkan oleh Ikatan Akuntan Indonesia (IAI) atau Standar Akuntansi Pemerintahan (SAP) sesuai PP No. 71 tahun 2010 dan PSAP 13. Saat ini Standar Akuntansi Keuangan yang berlaku meliputi SAK Umum atau PSAK, SAK ETAP, SAK EMKM dan SAK Syariah.

Pada kenyataannya hingga saat ini Laporan Keuangan RS sebagian belum sesuai standar akuntansi tersebut. Di sebagian RS masih ditemukan berbagai permasalahan, yang antara lain disebabkan oleh :

  1. Belum optimalnya dukungan penyediaan data yang tepat waktu dan akurat oleh para pelaku transaksi;
  2. Belum tersedianya pedoman akuntansi yang digunakan sesuai dengan standar akuntansi yang ditetapkan;
  3. Manajemen RS kurang memahami dan kurang memanfaatkan Laporan Keuangan untuk kepentingan perencanaan, pengendalian dan pengambilan keputusan;
  4. Penggunaan aplikasi akuntansi sudah cukup luas di RS, tetapi belum didasari oleh pemahaman yang memadai tentang proses akuntansi sesuai kebijakan akuntansi di internal RS.
  5. Terbatasnya kompetensi keuangan pengelola dan pemilik RS yang sebagian besar memang bukan berlatar profesi ekonomi/keuangan.

Solusi dari permasalahan di atas hanya dapat dilakukan dengan komitmen yang kuat dari manajemen RS untuk pembenahan pengelolaan Akuntansi dan Laporan Keuangnan RS, antara lain melalui upaya peningkatan kompetensi pengelola akuntansi dan keuangan RS, selain pembenahan pada sisi sarana, sistem dan lain-lain.Berdasarkan pemikiran itu PP PERSI bekerjasama dengan lembaga PubliConsult (Public Services Management Training & Consulting) akan menyelenggarakan Pelatihan “Menyusun Laporan Keuangan Rumah Sakit Tahun 2022, Solusi Praktis Sesuai Standar Akuntansi”,

Pelatihan ini akan dipandu oleh instruktur berlatar belakang profesi keuangan/akuntansi yang mendalami masalah pembiayaan, keuangan dan akuntansi RS dan para praktisi Hospital Preneurship yang akan berbagi pengalaman dalam menyusun dan memanfaatkan Laporan Keuangan RS.

TUJUAN UMUM
Setelah mengikuti pelatihan peserta diharapkan mampu menyusun Laporan Keuangan RS tahun 2022 yang memenuhi standar akuntansi yang sesuai, untuk kepentingan akuntabilitas, penilaian kinerja dan basis pengambilan keputusan ekonomi yang efektif di RS.

TUJUAN KHUSUS

  1. Peserta memahami dan mampu menyusun serta menyajikan laporan keuangan RS secara wajar sesuai standar akuntansi yang berlaku sehingga tidak menimbulkan permasalahan yang berarti ketika dilakukan audit.
  2. Peserta memahami berbagai persoalan akuntansi RS sekaligus dapat memperoleh solusi yang praktis dan efektif.
  3. Peserta mampu meningkatkan mutu laporan keuangan RS untuk akuntbilitas dan berbagai keperluan para pihak yang berkepentingan, yaitu manajemen, pemilik, investor, kreditor, pajak dan lain-lain.

WAKTU DAN TEMPAT PELAKSANAAN
Hari/Tanggal : Kamis – Sabtu, 15 – 17 Desember 2022;

Tempat : di Hotel Grand Inna Malioboro, Jl. Malioboro No, 60 Yogyakarta; Tlp. (0274) 566353.

PESERTA YANG DIHARAPKAN MENGIKUTI

  1. Direksi/Direktur Keuangan RS;
  2. Dewan Pengawas RS dan SPI RS;
  3. Menejer/Pengelola Program/Anggaran/Keuangan/Akuntansi RS;
  4. Menejer pelayanan dan pendukung pelayanan di berbagai lini dan fungsi di RS;
  5. Lain-lain yang terkait dengan topik pelatihan tersebut di atas.

PERSIAPAN PESERTA
Peserta diharapkan :

  1. Membawa Laptop;
  2. Selama mengikuti pelatihan, peserta wajib memenuhi protokol kesehatan sesuai ketentuan yang berlaku dalam pencegahan penularan covid-19, termasuk persyaratan dalam melakukan perjalanan dan diruang publik.

NARASUMBER/FASILITATOR

  1. (Direktur Jenderal Pelayanan Kesehatan, Kementerian Kesehatan RI);
  2. dr. Bambang Wibowo, Sp.OG (K),. MARS., FISQua. (Ketua Umum Pengurus Pusat PERSI);
  3. dr. Agus Suryanto, Sp.PD-KP., FCCP., MARS., MH. (Wakil Ketua Bidang Pelayanan dan Mutu Pengurus Pusat PERSI, Dirut RSUP Dr. Kariadi Semarang (2016-2020), Dirut RSUP Persahabatan Jakarta (2020-2021);
  4. drs. Widartoyo, Ak., MM., M.Si., CPA, CA. (Praktisi Akuntansi yang mendalami manajemen Keuangan RS, Kantor Akuntan Publik, Konsultan Keuangan RS, Dewan Pengawas RS BLU, Dosen PTN dan PTS, Pengurus IAI Jatim);
  5. dr. Ediansyah, MARS., MM. (Direktur RS An-NisaTangerang, Praktisi Hospital Preneurship);

BIAYA INVESTASI PER PESERTA

  1. Paket A : Rp. 5.700.000,- (termasuk akomodasi menginap 2 malam, 1 kamar 1 orang, di Hotel Grand Inna Malioboro, Jogja);
  2. Paket B : Rp. 5.200.000,- (termasuk akomodasi menginap 2 malam, 1 kamar 2 orang, di Hotel Grand Inna Malioboro, Jogja);
  3. Paket C : Rp. 4.700.000,- (tidak menginap di Hotel Grand Inna Malioboro, Jogja).

CARA MENDAFTAR/MEMBAYAR

  1. Daftarkan diri melalui registrasi online pada link berikut : bit.ly/persi-publiconsult622 (masing-masing wajib mengisi nama lengkap dan gelar unntuk sertifikat, alamat e-mail yang aktif,alamat instansi, No. HP dengan WhatsApp aktif, RS/Instansi/Organisasi, jabatan);
  2. Lakukan pembayaran dengan mentransfer melalui Bank Mandiri Rek. No. 1230006971016 atas nama PERSI-KS;
  3. Penyalenggara tidak menerima pendaftaran/pembayaran secara onsite (ditempat), untuk menjaga kondisi dalam situasi pandemi covid-19;
  4. Kirimkan foto bukti transfer/pembayaran melalui WhatsApp ke Sdri. Puspita (HP. No. 0821 3593 0006) atau Sdr. Endik (HP. No. 0822 6435 3088);
  5. Peserta terdaftar definitif adalah peserta yang telah memenuhi poin 4;
  6. Apabila jumlah kuota peserta terdaftar definitif sudah tercapai sebelum batas akhir pendaftaran, maka pendaftar yang belum memenuhi poin 4 dianggap membatalkan diri.
  7. Batas pendaftaran/pembayaran pelatihan online tanggal 13 Desember 2022, jam 24.00 wib, atau dapat ditutup lebih cepat apabila jumlah pendaftar yang telah membayar sudah memenuhi kuota.

FASILITAS

  1. Akomodasi hotel bagi peserta yang menginap (2 malam di Hotel Grand Inna Malioboro, Jogja);
  2. Mengikuti pelatihan selama 3 hari 2 malam; Coffee break , lunch dan dinner selama pelatihan;
  3. Pelatihan kits, soft copy materi dan Sertifikat.

Catatan : Bagi peserta yang menginap di Hotel Grand Inna Malioboro, Jogja
a. Check in mulai jam 14.00 wib, hari Kamis tanggal, 15 Desember 2022 (dapat lebih awal kalau keadaan hunian hotel memungkinkan); dan
b. Check out jam 12.30 wib hari Sabtu tanggal, 17 Desember 2022
c. Selain tanggal tersebut, peserta yang menginap di Hotel Grand Inna Malioboro, Jogja, biayanya di luar paket pelatihan.

LAIN-LAIN

  1. Info lebih lajut untuk pendaftaran dapat kontak Sdri. Puspita (HP No. 0821 3593 0006) atau Sdr. Endik (HP No. 0822 6435 3088);
  2. Konfirmasi ke kantor Pusat PERSI Sdr. Desy (HP No. 0812 1037 4733);
  3. Penyelenggaraan pelatihan ini secara teknis/administratif dilaksanakan oleh PubliConsult, Hotline Service : Telp./fax. 0271-729044, e-mail : publiconsult_solo@yahoo.com

Lampiran:
TOR dan Undangan Menyusun Laporan Keuangan Rumah Sakit Tahun 2022 Solusi Praktis Sesuai Standar Akuntansi