Menkes Tinjau 3 RS Antisipasi Lonjakan Kasus Covid-19

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin melakukan sidak kesiapan tiga rumah sakit (RS) guna memastikan ketersediaan tempat tidur, dokter, perawatnya, serta obat.

“Kita pastikan siap agar nanti kalau ada masyarakat yang terkena dan jumlahnya sangat banyak kita sudah mengantisipasi sejak awal,” kata Budi Ginadi.

Tiga RS terdiri atas RSUP Fatmawati dan RSUD Pasar Minggu dikunjungi Senin (28/12). Sebelumnya Menkes juga melakukan sidak ke RSUPN Cipto Mangunkusumo, Jakarta pada Jumat (25/12).

Budi Gunadi rencananya juga nanti akan meninjau beberapa RS di luar kota untuk memastikan kesiapan penanganan COVID-19 terutama pasca liburan panjang.

“Masyarakat yang sedang liburan untuk tetap melaksanakn protokol kesehatan, pakai masker, cuci tangan pakai sabun, dan jaga jarak.

Harapannya kalau kita disiplin apalagi nanti udah pulang liburan jangan langsung semuanya bergerak kemana-mana, kalau bisa 5 hari dulu di rumah atau 10 hari dulu di rumah sampai terbukti kita sehat baru bekerja kembali,” ucap Budi Gunadi.

Penerapan protokol kesehatan oleh masyarakat, lanjut Budi Gunadi, akan sangat membantu penanganan COVID-19 terutama bagi temen-temen tenaga medis yang bekerja di RS.

“Sudah banyak tenaga medis kita yang gugur. Jadi tolong kita hormati mereka, kita memastikan diri kita sehat begitu sampai pulang dari liburan.” (IZn – persi.or.id)