Menkes Soal Pemadaman Listrik: Ingat RS Wajib Punya Genset Sesuai Ketentuan Akreditasi

Jakarta – Menteri Kesehatan Nila F Moeloek menyatakan belum menerima aduan dari RS terkait pemadaman listrik yang berisiko mempengaruhi jalannya layanan pada pasien. Pasalnya, RS, terutama yang telah memiliki akreditasi, dipastikan memiliki genset yang memadai.

“RS harus memiliki genset, itu sudah masuk dalam akreditasi karena itu penting terkait dengan kegiatan operasi serta penyimpanan obat,” ujar Nila kepada media usai membuka Pertemuan Ilmiah Tahunan dan Semiloka Nasional Akreditasi RS Kelima di Jakarta Convention Centre, hari ini.

Nila mengungkapkan dirinya telah menerima laporan dari Dinas Kesehatan DKI Jakarta tentang kondisi layanan RS di wilayah Jakarta yang tak terdampak pemadaman listrik. Pemadaman listrik terjadi di Jawa dan Bali pada Minggu (4/7).

“Tinggal Puskesmas yang harus kita cek. Semestinya sih Puskesmas juga punya genset,” ujar Nila.

Didepan peserta pertemuan ilmiah dan semiloka, Nila mengungkapkan pentingnya dukungan pasokan energi untuk kegiatan RS juga kerja para pemangku kepentingan di dunia layanan kesehatan.

“Contohnya kemarin, saya sangat kuatir bagaimana nih data RS yang ada di kami. Untunglah ternyata datanya aman. Jangan sampai kita sudah berusaha meningkatkan kualitas dan layanan tapi tidak didukung oleh suplai listrik yang byar pet,” ujar Nila didepan 1.500 peserta.

Nila juga mengungkapkan pengalamannya terkait pemadaman listrik. “Kita pikir listrik sekarang sudah tidak byar pet, makanya sudah tidak sedia lilin. Eh ternyata listriknya padam jadi terpaksa gelap gulita di rumah.”(IZn-persi.or.id)