Menkes: RS Hadapi Tekanan Berat, Pimpinan Harus Pastikan Kesiapan Setiap Hari

Direktur Utama RS Dr. Sardjito Yogyakarta kini dijabat dr. Eniarti, M.Sc, Sp.Kj, MMR yang sebelumnya memimpin Direktur Utama RSJ Prof. Dr. Soerojo Magelang. Eniarti bertukar jabatan dengan dr. Rukmono Siswishanto, Sp.OG, M.Kes yang sebelumnya mengomandani RS Dr. Sardjito dan kini dirotasi ke RSJ Prof. Dr. Soerojo.

“Titipan saya kepada para dirut rumah sakit vertikal yang ada di seluruh Indonesia, pastikan kita meluangkan waktu dan tenaga yang cukup untuk mengantisipasi semua masalah yang mungkin terjadi, berikan pelayanan sebaik-baiknya terhadap masyarakat,” kata Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin dalam acara pelantikan yang dilakukan secara virtual, diikuti Wakil Menteri Kesehatan dr. Dante Saksono Harbuwono serta seluruh pejabat eselon 1 Kementerian Kesehatan.

“Kami harapkan layanan kepada masyarakat, infrastruktur rumah sakit, dan pembinaan SDM Kesehatan dilakukan dengan optimal,” ujar Budi Gunadi

“Rotasi dan mutasi jabatan merupakan hal biasa dalam penyegaran organisasi. Kini, Kemenkes tengah menghadapi tekanan yang luar biasa karena adanya peningkatan dari penularan virus COVID-19. Untuk itu di manapun rekan-rekan berada sebagai pimpinan RS, terutama RS vertikal Kemenkes harus memastikan kualitas layanan, infrastruktur juga pembinaan semua tenaga kesehatandengan sebaik-baiknya.”

Budi Gunadi menegaskan, tekanan yang amat besar dari pandemi ini akan membuat ketiga aspek itu sangat krusial dan penting untuk dimonitor setiap hari. (IZn – persi.or.id)