Mengoptimalkan Pendapatan Rumah Sakit Secara Akuntabel Berbasis Pengelolaan Klaim Biaya JKN Yang Taat Azas dan Efektif.

DASAR PEMIKIRAN
Hasil klaim biaya JKN menentukan tingkat pendapatan RS dan sekaligus menentukan tingkat kemampuan RS untuk membiayai operasional dan pengembangan. Pendapatan sebagian besar RS saat ini didominasi oleh pendapatan yang berasal dari klaim biaya pelayanan pasien JKN. Karena itu, proses klaim harus dapat dijalankan secara tepat, professional, efektif dan terpadu, namun tetap harus akuntabel, untuk memperoleh hasil klaim yang optimal.

Dalam sistem pembayaran INA CBG, proses klaim yang efektif dan optimal memerlukan sistem klaim yang teintegrasi, mulai dari rekam medik yang baik untuk menghasilkan kode INA CBG yang akurat, diagnosis dan prosedur yang tepat dan ditulis lengkap, ketrampilan koder, sampai pada barbagai hal pendukung lainnya.

Karena itu, manajemen dan jajaran proses klaim (DPJP, koder, staf casemix, staf klaim, verifikator, tim pencegahan fraud, pengelola RM, tim IT dan yang terkait lainnya) harus memiliki pemahaman dan kompetensi yang memadai tentang proses klaim yang tepat dan efektif, agar hasil klaim benar-benar optimal dan sesuai aturan serta memberikan hasil klaim yang optimal sesuai pelayanan yang diberikan.

Berdasarkan pemikiran tersebut PP PERSI bermaksud akan menyelenggarakan bimbingan teknis dengan topik : Mengoptimalkan Pendapatan Rumah Sakit Secara Akuntabel Berbasis Pengelolaan Klaim Biaya JKN yang Taat Azas dan Efektifit. Bimtek dilaksanakan dengan memadukan antara pemahaman regulasi dari Tim Koding INA CBG Pusjak PDK Kementerian Kesehatan dan dari best practices.

TUJUAN
Setelah mengikuti bimtek ini peserta diharapkan dapat memahami substansi proses klaim yang tepat, efektif, optimal dan akuntabel agar hasilnya dapat mendukung pelayanan RSD yang lebih bermutu, maju dan berkembang.

SASARAN

  1. Peserta lebih memahami dan mampu mengelola proses klaim yang tepat, cepat, efektif, akuntabel dan secara terpadu, melalui pembelajaran dari sisi regulasi dan best practices;
  2. Peserta lebih mamahami konsep INA CBG, INA Grouper, terampil melakukan koding INA CBG (ICD-10, ICD-9CM dan PMK No. 26/2021);
  3. Peserta lebih memahami konsep dan terampil melakukan verifikasi internal, audit koding, penyelesaian pending dan dispute klaim;
  4. Peserta lebih memahami sistem pencegahan fraud, terampil menganalisis kelengkapan RM dan utilisasi review data klaim JKN;

WAKTU DAN TEMPAT
Hari/tanggal: Kamis – Sabtu, 13 – 15 Februari 2025 ;
Tempat: Planet Holiday Hotel & Residence,
Jl. Raja Ali H., Kota Batam,
Telp 0778 433555.

PESERTA YANG DIHARAPKAN HADIR

  1. Direksi dan pejabat penanggungjawab proses klaim biaya JKN;
  2. Pengelola rekam medis, staf casemix, staf klaim, koder RS, verifikator internal, tim anti Fraud, tim IT, profesional pemberi asuhan (dokter, perawat, tenaga kesehatan) dan lain-lain;
  3. Lain-lain yang terkait dengan tema bimtek diatas.

PERSIAPAN PESERTA

  1. Membawa Laptop;
  2. Sebaiknya tim (kombinasi manajemen, tim pelaksana klaim dan yang terkait lainnya);
  3. Peserta diharapkan dapat mengikuti bimtek dengan seksama dan penuh perhatian.

NARASUMBER/FASILITATOR

  1. dr. Bambang Wibowo, Sp.OG (K),. MARS., FISQua. (Ketua Umum Pengurus Pusat PERSI);
  2. drg. Yuli Astuti Saripawan, M.Kes. (Direktur Pelayanan Kesehatan Rujukan, Ditjen. Pelayanan Kesehatan, Kementerian Kesehatan RI);
  3. Prof. Dr. Cita Rosita Sigit Prakoeswa, dr., Sp. DVE., Subsp. DAI., FINSDV., FAADV, MARS. (Direktur RSUD dr. Soetomo Prov. Jatim);
  4. Dr. dr. Ediansyah, MARS., MM. (Direktur RS An-NisaTangerang, Praktisi Hospital Preneurship);
  5. Muji Sri Utami, SKM., M.Kes. (Wakil Direktur Umum dan Keuangan RSUD Prof. dr. Margono Soekarjo, Purwokerto Prov. Jateng);
  6. Kayun Kasmidi, SKM. (Ketua Tim Koding INA CBG Pusjak PDK Kementerian Kesehatan RI);
  7. Gandi Agusniadi, BBA., SE., C.DCAP. (Anggota Tim Koding INA CBG Pusjak PDK Kementerian Kesehatan RI);
  8. Teguh Redy Sanjaya, A.Md.PK., S.ST.RMIK., M.Kes. (Anggota Tim Koding INA CBG Pusjak PDK Kementerian Kesehatan RI, Koder RS Hasan Sadikin Bandung);

BIAYA INVESTASI PER PESERTA

  1. Paket A : Rp. 5.950.000,- (termasuk akomodasi menginap 2 malam, 1 kamar 1 orang, di Planet Holiday Hotel & Residence Batam);
  2. Paket B : Rp. 5.450.000,- (termasuk akomodasi menginap 2 malam, 1 kamar 1 orang, di Planet Holiday Hotel & Residence Batam);
  3. Paket C : Rp. 4.950.000,- (tidak menginap di Planet Holiday Hotel & Residence Batam).

CARA MENDAFTAR/MEMBAYAR

  1. Daftarkan diri melalui registrasi online pada link berikut : bit.ly/persi-publiconsult225 (masing-masing pendaftar wajib mengisi nama lengkap dan gelar unntuk sertifikat, alamat e-mail yang aktif, No. HP dengan WhatsApp aktif, RS/Instansi/Organisasi, jabatan), masing-masing pendaftar mengisi form ini;
  2. Lakukan pembayaran dengan mentransfer melalui Bank Mandiri Rek. No. 1230006971016 atas nama PERSI-KS (transfer dapat jadi satu untuk beberapa pendaftar);
  3. Penyalenggara tidak menerima pendaftaran/pembayaran secara onsite (ditempat), kecuali ada alasan yang sangat khusus;
  4. Kirimkan foto bukti transfer/pembayaran melalui WhatsApp ke Sdri. Puspita (HP. No. 0823 2322 3893) atau Sdr. Endik (HP. No. 0821 3593 0006);
  5. Pendaftar definitif adalah pendaftar yang telah memenuhi poin 4 dan transfer biaya sudah masuk ke rekening penerima;
  6. Apabila jumlah kuota pendaftar definitif sudah tercapai sebelum batas akhir pendaftaran, maka pendaftar yang belum memenuhi poin 5 dianggap membatalkan diri.
  7. Batas pendaftaran/pembayaran tanggal 11 Februari 2025, jam 18.00 wib, atau dapat ditutup lebih cepat apabila jumlah pendaftar definitif sudah memenuhi kuota;
  8. Pendaftar definitif yang membatalkan diri pada hari H/hari pertama bimtek pelaksanaan dikenakan biaya 50% dari nilai paket yang diambil.

Catatan :
Mengingat adanya keterbatasan kamar hotel, dimohon segera mendaftarkan diri.

FASILITAS

  1. Akomodasi hotel bagi peserta yang menginap (2 malam di Planet Holiday Hotel & Residence Batam);
  2. Mengikuti bimtek selama 3 hari 2 malam;
  3. Coffee break, lunch dan dinner selama bimtek;
  4. Seminar kits, soft copy materi dan Sertifikat;

Catatan : Bagi peserta yang menginap di Planet Holiday Hotel & Residence Batam.
a. Check in mulai jam 14.00 wib, hari Kamis,13 Februari 2025 (dapat lebih awal kalau keadaan hunian hotel memungkinkan); dan
b. Check out jam 12.00 wib hari Sabtu, 15 Februari 2025
c. Selain tanggal tersebut, peserta yang menginap di Planet Holiday Hotel & Residence Batam, biaya diluar paket.

LAIN-LAIN

  1. Info lebih lajut untuk pendaftaran dapat kontak Sdri. Puspita (HP No. 0823 2322 3893) atau Sdr. Endik (HP No. 0821 3593 0006);
  2. Konfirmasi ke kantor Pusat PERSI Sdr. Desy (HP No. 0812 1037 4733);
  3. Penyelenggaraan bimtek ini secara teknis/administratif dilaksanakan oleh PubliConsult, Hotline Service : Telp./fax. 0271-729044,
    e-mail : publiconsult_solo@yahoo.com

Lampiran:
TOR dan Surat Edaran Mengoptimalkan Pendapatan Rumah Sakit Secara Akuntabel Berbasis Pengelolaan Klaim Biaya JKN Yang Taat Azas dan Efektif.