Layanan RSUD Sultan Suriansyah dan Puskesmas Digratiskan bagi Warga Terdampak Banjir.

Pemerintah Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan, menggratiskan layanan kesehatan di RSUD Sultan Suriansyah dan semua puskesmas bagi warganya yang terdampak banjir.

“Kami sudah mengeluarkan surat edaran mengenai kebijakan ini, sudah disampaikan kepada Direktur RSUD Sultan Suriansyah dan seluruh kepala puskesmas bahwa pasein yang berobat akibat bencana banjir tidak dipungut biaya, karena ditanggung pemkot. Ketentuan ini berlaku sejak hari ini (Selasa, 19/2),” kata Kepala Dinas Kesehatan Kota Banjarmasin Machli Riyadi.

Kebijakan itu berlaku bagi warga Banjarmasin, tidak berlaku bagi warga luar Kota Banjarmasin, kecuali ada jaminan dari wali kota atau bupati masing-masing. Dari data 18 Januari 2021, sebanyak 51.000 jiwa warga Banjarmasin terdampak musibah banjir itu, dan sekitar 2.000 jiwa di antaranya terpaksa mengungsi.

Bagi wilayah yang puskesmasnya tidak bisa beroperasi, pihaknya akan mendatangkan petugas kesehatan di posko penanganan bencana banjir terdekat. Status tanggap darurat bencana banjir ditetapkan Kota Banjarmasin sejak 15 Januari 2021. Hingga hari keenam, Selasa (19/1), Kota Banjarmasin masih mengalami banjir. Daerah yang terdampak parah adalah Banjarmasin Timur, Banjarmasin Selatan dan Banjarmasin Utara.