Kongres XV PERSI, Seminar Tahunan Patient Safety XV dan INA Hospital Fair II Tahun 2021

Tema: Resiliensi dan Peluang Rumah Sakit dalam Mempercepat Pemulihan Sistem Kesehatan Indonesia di Era Pandemi COVID19

Perhimpunan Rumah Sakit Seluruh Indonesia (PERSI) merupakan organisasi berbadan hukum berbentuk Perkumpulan yang beranggotakan Rumah Sakit di Indonesia yang saat ini berjumlah 3.070 Rumah Sakit. PERSI juga sebagai wadah berhimpunnya 18 (delapan belas) Perkumpulan / Organisasi perumahsakitan di Indonesia yang terdiri dari berbagai bentuk, jenis dan kepemilikan Rumah Sakit. Saat ini, kepengurusan PERSI terdiri dari Pengurus Pusat PERSI yang berjumlah 151 orang dan Kepengurusan PERSI Daerah/ Wilayah di 32 Provinsi di wilayah Indonesia.

PERSI mempunyai visi sebagai wadah pemersatu komunitas perumahsakitan di Indonesia yang handal, mandiri, tangguh dan berstandar internasional serta dipercaya seluruh lapisan masyarakat dan anggota. Dalam mewujudkan visi tersebut, PERSI memiliki misi : berperan aktif dalam mewujudkan kebijakan/regulasi, tata kelola perumahsakitan yang baik dan kerjasama dengan berbagai stakeholder/shareholder.

Tujuan, fungsi dan peran PERSI ditekankan sebagai organisasi yang menaungi anggotanya dan telah ditetapkan Pemerintah sebagai mitra dalam menyukseskan Sistem Kesehatan Nasional dan Pelayanan Kesehatan di Indonesia. Peran dan usaha tersebut dilakukan dengan memfasilitasi, memberdayakan, mengadvokasi, mengkonsolidasi dan melindungi hak anggota dalam mewujudkan Rumah Sakit yang profesional dan mampu bersaing di tingkat internasional.

Sejak perhimpunan ini berdiri, PERSI sangat mengedepankan aspek mutu pelayanan dan keselamatan pasien, sehingga setiap tahun diselenggarakan berbagai kegiatan sosialisasi dan pembelajaran berbagai standar nasional dan internasional yang berlaku serta iptekdok terkini, yang diharapkan mempunyai daya ungkit besar terhadap perbaikan pelayanan kesehatan di Indonesia. Dalam mendukung program pemerintah, PERSI juga melaksanakan kegiatan-kegiatan langsung di masyarakat, termasuk mengadakan Award sebagai penghargaan kepada Institusi Rumah Sakit yang memenuhi kaidah mutu dan aspek sosial lainnya.

Dalam situasi dan kondisi pandemi Covid-19, kegiatan Kongres XV PERSI, Seminar Tahunan XV Patient Safety, Workshop, PERSI Award dan INA Hospital Fair yang keseluruhan akan dilaksanakan secara virtual. Tema yang akan diangkat terkait degan Resiliensi dan peluang, hal ini untuk memberikan pengingat bahwa sampai saat ini rumah sakit di Indonesia diharapkan tetap mampu bertahan menghadapi pandemi Covid-19, dan sekaligus dapat menciptakan peluang-peluang baru dengan Adapatasi Kebiasaan Baru. Kegiatan tersebut akan dilaksanakan tanggal 25 – 30 Oktober 2021.

Informasi Edaran Ke-2 Kegiatan Kongres XV PERSI, Seminar Tahunan Patient Safety XV dan INA Hospital Fair II Tahun 2021 …Selengkapnya