Kemitraan PERSI dan HIMSS Tingkatkan Kemampuan Tenaga IT Kesehatan Indonesia

Kemitraan itu akan berlangsung tiga tahun, kedua organisasi akan mengembangkan berbagai lokakarya khusus untuk pengembangan profesi.
Oleh: Adam Ang (HIMMS)

Perhimpunan Rumah Sakit Seluruh Indonesia (PERSI) telah menandatangani perjanjian kerja sama selama tiga tahun dengan Healthcare Information and Management Systems Society (HIMSS) untuk mengembangkan proyek peningkatan kapasitas, pengembangan tenaga kerja, dan kesadaran IT. Kerjasama itu akan melibatkan pemangku kepentingan di seluruh ekosistem kesehatan Indonesia dan berlaku hingga Juli 2023.

TENTANG APA?
Didirikan pada 1978, PERSI adalah organisasi nirlaba independen yang menaungi 18 asosiasi rumah sakit di Indonesia.

Kemitraan HIMSS dan PERSI akan menilai kematangan digital rumah sakit di seluruh negeri. Sebuah proyek percontohan akan dilakukan, PERSI akan memilih rumah sakit tertentu dan HIMSS kemudian melakukan penilaian komprehensif tentang kondisi kematangan digital rumah sakitmenggunakan Maturity Models dan Digital Health Indicator.

Organisasi juga akan bersama-sama mengembangkan lokakarya khusus untuk para profesional kesehatan. HIMSS akan memberikan pembelajaran dan memberikan tolok ukur berskala internasional sementara PERSI akan berbagi keahliannya di pasar lokal. Kegiatan ini juga akan memungkinkan akses terhadap konten internasional untuk pembelajaran yang lebih luas.

MENGAPA INI PENTING?
PERSI adalah organisasi pertama dari Indonesia yang bergabung dengan jaringan global HIMSS bersama dengan lebih dari 100.000 anggota individu, 650 anggota korporat, 480 afiliasi organisasi, dan 470 mitra nirlaba lainnya

PERSI menyatakan, salah satu tujuan proyek penilaian maturitas digital ini untuk mengidentifikasi prioritas digitalisasi dalam layanan rawat inap yang bersifat jangka pendek serta membantu merancang peta jalan digital dalam layanan rawat inap.

Selain itu, kolaborasi PERSI dengan HIMSS memberi kesempatan untuk berpartisipasi dalam dialog regional seputar kebijakan kesehatan, untuk berbagi keahlian, wawasan serta perspektif dari Indonesia.

Untuk menandai kemitraan mereka, HIMSS akan mengadakan konferensi tahunan HIMSS APAC di Jakarta untuk pertama kalinya pada 2022.

KUTIPAN
“Kami yakin kerjasama ini akan secara aktif mendukung komunitas rumah sakit dalam mengimplementasikan teknologi informasi berkualitas untuk meningkatkan layanan rumah sakit. Dengan pengembangan kapasitas ini, PERSI dan komunitas rumah sakit juga dapat memberikan masukan yang lebih besar untuk perumusan standar dalam kerangka kebijakan nasional, ” kata Dr Widyastuti Wibisana, kepala Institut Hubungan Internasional PERSI.

“Baru-baru ini, investasi yang signifikan telah dilakukan oleh raksasa teknologi global dan investor dalam pengembangan teknologi digital di Indonesia dan ini didukung pemerintah dengan menciptakan lingkungan investasi yang menguntungkan melalui regulasi yang kuat. Dengan perkembangan ini, sistem kesehatan nasional sekarang lebih siap dibandingkan sebelumnya untuk menyongsong transformasi digital. Tujuannya, memungkinkan pemberian layanan kesehatan dan hasil yang lebih baik bagi pasien. HIMSS merasa terhormat dapat bermitra dengan PERSI untuk memajukan digitalisasi sistem kesehatan nasional dan berperan dalam pembangunan ekosistem kesehatan Indonesia, ” VP HIMSS Asia-Pasifik Simon Lin. (IZn – persi.or.id)

Link Terkait :
PERSI partners with HIMSS to enhance Indonesia’s health IT capabilities