Kasus Melonjak, Ruang Isolasi di Seluruh RS di Cirebon Penuh

Semua ruang isolasi di rumah sakit (RS) di Cirebon, Jawa Barat, penuh dengan pasien COVID-19, saat ini terus diupayakan untuk menambah kapasitas guna mengatasi banyaknya pasien COVID-19 yang tidak bisa terlayani.

“Meskipun beberapa RS sudah menambah kapasitas untuk ruang isolasi, namun itu belum mencukupi, karena dalam beberapa hari ini pasien COVID-19 di Kabupaten Cirebon terus melonjak. Contohnya, RS Mitra Plumbon yang sebelumnya hanya menyediakan 25 tempat tidur, sekarang bertambah menjadi 87 tempat tidur. Begitu juga, sejumlah RS lainnya, seperti RS Waled dan Arjawinangun,” ujar Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Cirebon Enny Suhaeni.

Enny memaparkan, meskipun beberapa RS sudah menambah kapasitas untuk ruang isolasi, namun itu belum mencukupi, karena dalam beberapa hari ini pasien COVID-19 di Kabupaten Cirebon terus melonjak.

“Melihat kondisi seperti ini, kami sudah mengusulkan kepada Pemkab Cirebon, untuk menjadikan salah satu RS di Kabupaten Cirebon, menjadi RS khusus COVID-19,” kata Enny.

Juru Bicara Satgas Penanganan COVID-19 Kabupaten Cirebon Nanan Abdul Manan mengatakan, pihaknya masih mengupayakan penambahan ruang isolasi di RSUD Waled dan Arjawinangun. Selain itu Pemkab juga terus berupaya melakukan komunikasi dengan para pemilik hotel agar mau dijadikan tempat isolasi bagi orang tanpa gejala. (IZn – persi.or.id)