Kapasitas Terpakai RS Rujukan COVID-19 Capai 66%, Dinilai Masih Aman

jubirsatgas wikuadisasmito

jubirsatgas wikuadisasmito

Kapasitas tempat tidur di rumah sakit (RS) rujukan COVID-19 hingga saat ini masih memadai termasuk jika terjadi peningkatan kasus dalam beberapa waktu ke depan. Kapasitas terpakai rawat inap di RS rujukan COVID-19 atau bed occupancy rate (BOR) saat ini mencapai 66%, sedangkan batas aman BOR 60-80%.

“BOR RS dengan tempat tidur khusus pasien COVID-19 masih memiliki cadangan sekitar 14% menuju 80% dan tentunya ini kondisi aman,” ujar Juru Bicara Satgas Penanganan COVID-19 Wiku Adisasmito dalam konferensi pers daring dari Istana Kepresidenan, Jakarta, Kamis (13/8).

Wiku menegaskan, apabila kasus COVID-19 meningkat, masih ada RS lainnya yang bisa disiapkan untuk menangani COVID-19 dengan persiapan-persiapan yang matang. “Jadi pada saat ini kondisinya masih terkendali dan pemerintah memperhatikan kondisi ini dengan adanya potensi peningkatan kasus.”

Untuk itu, lanjut Wiku, masyarakat diminta segera lapor jika mengalami gejala COVID-19 sehingga bisa dapat ditangani lebih awal. (IZn – persi.or.id)