Inilah Seruan PERSI Terkait Kondisi Covid-19 Terkini

ketum semnaspersi

Terkait kondisi Covid-19 terkini, begini seruan Ketua Umum Persatuan Rumah Sakit Seluruh Indonesia (PERSI) Kuntjoro Adi Purjanto dalam sesi Public Health: Vaccine What To Expect, Rabu 27 Januari.

Pertama, informasi soal penanganan harus diluruskan agar masyarakat mengerti. Misalnya saja, soal perebutan jenazah di rumah sakit, padahal kuasa rumah sakit terhadap pasien hanya sampai di ruang jenazah.

“Kita sering mendengar ada perebutan jenazah di rumah sakit, direbut jenazahnya, padahal kuasa rumah sakit hanya sampai kamar jenazah saja,” ujar Kuntjoro.

Kedua, Kuntjoro mempertanyakan mengapa pemerintah tak menggunakan istilah gotong-royong, bukan kolaborasi dalam vaksinasi. Gotong-royong lebih dikenal masyarakat sehingga akan dimaknai lebih baik.

Ketiga, pemerintah diharapkan segera vaksinasi tenaga kesehatan
“Kasus Covid-19 di Indonesia sudah tembus satu juta, oleh karena itu pemerintah kami harapkan mempercepat vaksinasi kepada tenaga kesehatan. Sebab, sudah banyak tenaga kesehatan yang gugur saat melawan pandemik. Tentu juga harus dijawab bagaimana dengan distribusi, kemudian keamanan bagi tenaga-tenaga di rumah sakit.” (IZn – persi.or.id)