Indonesia Patut Waspadai Lonjakan Kasus di Negara Tetangga

Wakil Menteri Kesehatan dr. Dante Saksono Harbuwono mengimbau masyarakat untuk mewaspadai lonjakan kasus COVID-19 dengan mematuhi protokol kesehatan. Kewaspadaan itu tetap dibutuhkan kendati jumlah kasus aktif dan angka kematian akibat COVID-19 menurun di Indonesia, dan program vaksinasi sedang berjalan dengan baik.

Peringatan itu, kata Dante, diperlukan guna mewaspadai lonjakan kasus COVID-19 yang kembali terjadi di negara-negara tetangga seperti Malaysia, Singapura, dan India karena pelanggaran protokol kesehatan.

“Kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) yang saat ini masih berlangsung bertujuan agar jangan sampai Indonesia kembali mengalami lonjakan kasus. Untuk itu kita harus mematuhi kebijakan protokol kesehatan yang sudah dikeluarkan pemerintah karena bertujuan untuk kebaikan kita bersama,” kata Dante pada konferensi pers secara virtual, Sabtu (11/9).

Dante juga mengimbau kepada pemerintah daerah untuk mencari terobosan baru untuk mempercepat vaksinasi baik untuk kelompok masyarakat lanjut usia penderita penyakit penyerta atau masyarakat rentan.

Dante juga mengingatkan masyarakat untuk mengikuti program vaksinasi nasional tanpa pilih-pilih jenis vaksin.

”Tidak usah pilih-pilih vaksin. Vaksin terbaik adalah vaksin yang tersedia saat ini. Jika kita menunda vaksinasi akan berdampak lebih parah pada kondisi tubuh jika terkena COVID-19,” ucap Dante. (IZn – persi.or.id)