Indonesia Digital Medic Summit 2021 Dibuka, Diselenggarakan Hingga 31 Maret, Bertema Health Innovation Beyond Pandemic

Indonesia Digital Medic Summit (IDMS) 2021 dibuka pagi ini, Senin, 15 Maret 2021. Pertemuan virtual tenaga kesehatan khususnya rumah sakit itu diselenggarakan Perhimpunan Rumah Sakit Seluruh Indonesia (PERSI) dan PT. Info Sarana Medika PERSI berkolaborasi dengan Kementerian Kesehatan, Kementerian Komunikasi dan Informatika serta sejumlah institusi teknologi informasi di bidang kesehatan.

IDMS diselenggarakan 15 Maret hingga 31 Maret 2021. Rangkaian acara diisi berbagai seminar dan pelatihan pembaruan berbasis digital di dunia medis. Seluruh acara dilaksanakan secara virtual. IDMS diselenggarakan untuk dapat mendorong dunia medis di Indonesia agar semakin akrab dengan digitalisasi dan mendapat informasi terkini terkait kemajuan teknologi dunia medis dari pakar-pakarnya.

Tema Indonesia Digital Medic Summit (IDMS) 2021 adalah Health Innovation Beyond Pandemic. Pandemi Virus Corona telah mengoptimalkan digitalisasi dalam pelayanan pasien tanpa melakukan kontak erat, misalnya konsul ke dokter dengan menggunakan telemedisin.

Insan kesehatan yang kesehariannya berfokus melayani pasien, tentu merupakan komunitas yang dipaksa akrab dengan digitalisasi secara instan. Hal ini tidak mudah, karena masih sedikit ahli- ahli bidang kesehatan yang berkecimpung dalam teknologi. Dari sinilah permulaan kami ingin mempertemukan pemilik teknologi (IT) dengan dunia kesehatan untuk dapat berkomunikasi secara mudah, aman, dan bertanggungjawab.

Health Innovation Beyond Pandemic ingin menjelaskan dan mendapatkan gambaran bagaimana dunia kesehatan dengan bantuan teknologi digital dapat terus berproses dan menjadi lebih baik. Untuk itu kami ingin ngajak seluruh kelompok perhimpunan/ asosiasi di bidang medis untuk bersama berpartisipasi pada kegiatan ini.

Acara yang diselenggarakan meliputi 10 workshop, terdiri atas tema Kontribusi Organisasi Kesehatan pada Layanan Kesehatan Era Pandemic Covid-19 dan Perkembangannya Post Pandemik, Cyber Security for Hospital Setting, Samsung Mobile Business Insight : “How Mobile Technology Is Revolutionizing Healthcare,” Bagaimana Teknologi Kesehatan dapat Meningkatkan Patient Safety dan Mutu Keperawatan terutama pada Masa Pandemi Covid-19 dan Setelahnya (Post Pandemi), Teknologi Kesehatan dan RS – Digitalisasi Kesehatan Selama Masa Pandemi Covid-19, Penyelarasan Layanan Berdasarkan Keselamatan Pasien dan Perlindungan Keselamatan Tenaga Kesehatan Dokter di RS, Implementasi Teknologi pada Pencegahan dan Pengendalian Infeksi di Era Pandemi Covid-19, serta Healthcare Information System – Pemanfaatan System Informasi IT Beberapa Fasilitas Kesehatan dalam Satu Group.

Sedangkan seminar membahas tentang Healthcare Beyond Walls yang diagendakan akan menghadirkan Kementerian Kesehatan, Kementerian Komunikasi dan Informatika, serta Ketua Umum PERSI dr. Kuntjoro Adi Purjanto.

Selain itu, diselenggarakan pula Techno Week yang akan menghadirkan tema Data Protection, AI Laboratory Neurabot, Telemedisin dan Percepatannya Alodokter, AI Radiologi NTT serta AI Radiologi Multipolar.