Gotong Royong Lawan Covid-19, ARSSI dan PERSI Dedikasikan 300 Tempat Tidur, Tiga Laboratorium Swasta pun Ikut Deteksi Dini

pasien covid19

pasien covid19

Pasca berdiskusi dengan Asosiasi RS Swasta Indonesia atau ARSSI dan Persatuan Rumah Sakit Seluruh Indonesia (PERSI), Kementrian Kesehatan (Kemkes) mendapatkan tambahan tiga rumah sakit (RS) swasta yang mendedikasikan seluruh kapasitas tempat tidurnya untuk merawat pasien Covid-19.

RS-RS itu adalah RS Siloam Kelapa Dua, RS Mitra Keluarga Jati Asih, dan RS Hermina Karawang dengan total 300 tempat tidur. Pelayanan dan pasien dengan kasus-kasus selain Covid-19 akan dipindahkan ke RS disekitarnya.

“ARSSI dan PERSI memiliki komitmen tinggi mendedikasikan sarana prasarananya untuk digunakan masyarakat guna mendapatkan layanan perawatan Covid-19,” ujar Juru Bicara Pemerintah untuk Covid-19 dr. Achmad Yurianto di Jakarta, pekan ini.

Bantuan yang diberikan RS-RS swasta itu, kata Yurianto, juga termasuk sarana prasarana. “Kini kita tidak lagi terpaku pada RS rujukan yang ditentukan, tapi sektor swasta secara bersungguh-sungguh ikut membantu,” kata Yurianto.

Kontribusi swasta, kata Yurianto, juga diberikan jejaring laboratorium milik kelompok Siloam, Kalbe serta Bunda. Bertambahnya jumlah laboratorium itu akan membantu deteksi dini Covid-19, termasuk rencana pelaksanaan tes masal yang akan dilakukan pemerintah dalam waktu dekat ini. (Izn – persi.or.id)