Diskusi Webinar “Mengembangkan Berbagai Metode yang Efektif dalam Peningkatan Mutu Pelayanan Kesehatan di Rumah Sakit”

Kerangka Acuan
Diskusi Webinar “Mengembangkan Berbagai Metode yang Efektif dalam
Peningkatan Mutu Pelayanan Kesehatan di Rumah Sakit”
Diselenggarakan oleh Kompartemen Mutu Pengurus PERSI Pusat
Selasa, 25 Februari 2020, jam 13:00-15:00


  • Latar belakang
    Peningkatan mutu RS telah merupakan keharusan, namun demikian terdapat berbagai macam metode untuk meningkatkan mutu RS, secara umum terdiri dari kegiatan terkait perijinan (lisensi), sertifikasi, dan akreditasi.

    Saat ini perijinan (termasuk juga penetapan kelas RS) merupakan awal dari proses untuk menjaga mutu RS, yang dilakukan oleh regulator terutama Kementerian Kesehatan dan Dinas Kesehatan. Sertifikasi memiliki banyak ragam, terkait dengan sertifikasi individu staf RS, sertifikasi pelayanan hingga sertifikasi RS sebagai lembaga (seperti sertifikasi RS sayang ibu, serfifikasi RS PONEK, dsb), sehingga memiliki lebih banyak pemain (regulator) didalamnya. Sedangkan akreditasi RS sering dianggap sebagai metode yang efektif dalam peningkatan mutu. Saat ini akreditasi dikaitkan sebagai persyaratan sebagai provider BPJS sehingga hampir seluruh RS menerapkan standar akreditasi, berbeda pada saat dulu tidak ada konsekuensi sehingga tidak berjalan efektif.

    Masing-masing jenis metode peningkatan mutu tersebut (lisensi, sertifikasi dan akreditasi) memiliki banyak ragam bentuk dan upaya, yang memiliki potensi untuk dapat meningkatkan mutu RS namun perlu ada kesepakatan bersama antar stakholders RS terkait dengan standar yang digunakan, waktu penerapan, proses sosialisasi, penerapan, dan penilaian, hingga penetapan benefit dan konsekuensi dari terpenuhi atau tidaknya berbagai upaya peningkatan mutu tersebut.

    Disamping itu, masing-masing upaya peningkatan mutu perlu memilkki mekanisme evaluasi yang dilakukan secara periodik untuk menilai efektifitas upaya peningkatan mutu. Evaluasi ini dilakukan oleh lembaga independen untuk memberi masukan perbaikan sistem upaya peningkatan mutu.

    Berbagai hal tersebut perlu disepakati antar stakholders RS, terutama: PERSI, Kemenkes, Dinas Kesehatan Prov/Kab/Kota, KARS, BPJSK

  • Tujuan
    Diskusi webinar ini bertujuan merumuskan berbagai masukan untuk mengembangkan/memperbaiki metode yang efektif dalam peningkatan mutu pelayanan kesehatan di rumah sakit yang selama ini telah digunakan, terutama metode dalam perijinan RS dan metode dalam akreditasi RS
  • Peserta
    Peserta diharapkan dari para pengelola RS, termasuk pengurus cabang PERSI diseluruh Indonesia. Peserta dari perwakilan KARS, BPJSK dan Kementerian Kesehatan serta Dinas Kesehatan.
  • Tempat dan Jadwal
    Kantor Pusat PERSI, Jakarta
    Selasa, 25 Februari 2020
Jam Topik Narsumber / Moderator
13:00-13:10 Pengantar diskusi Dr. dr. Hanevi Djasri, MARS, FISQua
13:10-13:30 Strategi PERSI dalam peningkatan mutu pelayanan kesehatan di rumah sakit dr. Kuntjoro Adi Purwanto, MKes
13:30-14:00 Meningkatkan efektifitas lisensi, sertifikasi dan akreditasi rumah sakit  Prof. dr. Adi Utarini, MSc, MpH, PhD
14:00-14:50 Diskusi Dr. dr. Hanevi Djasri, MARS, FISQua
14:50-15:00 Kesimpulan dan Penutup Dr. dr. Hanevi Djasri, MARS, FISQua
  • Informasi lebih lanjut dan Pendaftaran
    Novi (PERSI) 087788411973 untuk peserta onsite (terbatas untuk 30 orang)

    Peserta webinar mendaftar melalui link berikut ini :
    Registration URL
    https://attendee.gotowebinar.com/register/8619688881199048717
    Webinar ID
    300-121-539

  • Biaya
    Peserta (onsite maupun webinar) tidak dipungut biaya