Diskusi Panel 6 Kongres PERSI Paparkan Kiat Sukses Wisata Medis

Kunci sukses wisata medis adalah harga yang terjangkau, layanan klinisi premioum serta kenyamanan dan keyakinan. Tak kalah pentingnya, pemahamanan budaya dan bahasa. Demikian diungkapkan CEO Siloam Hospital Group Caroline Riady dalam Diskusi Panel 6 Tourism Beyond Pandemic yang diselenggarakan dalam rangkaian Kongres XV Perhimpunan Rumah Sakit Seluruh Indonesia (PERSI) yang diselenggarakan bersamaan dengan Seminar Tahunan Patient Safety XV, dan INA HOSPITAL FAIR II, 2021 pada tanggal 25-30 Oktober 2021 melalui virtual, hari ini, Jumat, 29 Oktober 20211.

“Pemahaman kultur dan bahasa itu penting misalnya, saat akan memasuki ruangan bedah, pasien dan keluarga harus diberikan gambaran dan pemahaman tentang prosedur yang akan dialami, kapan dokter akan datang juga diberikan kesempatan jika mereka ingin bertanya,” kata Caroline dalam topik Hospital Tourism Best Practice from Aboard.

Caroline mengaku setuju dengan pernyataan bahwa kemampuan teknis tenaga medis Indonesia tak kalah dengan para sejawatnya dengan Singapura, Malaysia serta negara-negara penyelenggara medis lainnya. “Tapi kemampuan itu harus dikomunikasikan dan dirasakan pasien. PR berikutnya, akreditasi yang sesuai dengan asuransi yang sesuai dengan target pasar yang kita tuju, begitu pula tentunya komunikasi dengan pihak asuransi terkait harga,” kata Caroline.

Caroline mengungkapkan, pihaknya telah sukses menggaet pasar wisata medis itu terutama di BIMC Nusa Dua, Bali. RS tipe B itu sukses merawat pasien dari Australia yang berobat menggunakan fasilitas dari asuransi yang berasal dari negerinya.

“Kami mempelajari karakter warga Australia yang ditargetkan, memastikan asuransi mereka bisa digunakan dan akreditasi kami sesuai. Jangan terpaku pada akrediatasi lokal, tapi upayakan pula akreditasi yang familiar di negara yang kita tuju, misalnya kami telah memiliki Australian Council on Healthcare Standards (ACHSI) Accreditation pada 2014 selain akreditasi Paripurna dari Komite Areditasi RS pada 2017. Kami memiliki 50 tempat tidur serta 40 orang spesialis.”

Pada RS Siloam yang ditargetkan menawarkan wisata medis, lanjut Caroline, terdapat fasilitas CosMedic Surgery, yang menyediakan layanan Face & Neck Lift, Chin Augmentation, Breast Surgeries, Liposuction, Blepharoplasty, Rhinoplasty, Gastric Bypass Surgery, Laparoscopic Banding, Sleeve Gastrectomy serta Biliopancreatic Diversion. (IZn – persi.or.id)