Di Sulsel, Nakes di Puskesmas dan RSU Syekh Yusuf Siap Divaksin Gelombang Pertama

Sebanyak tiga kabupaten/kota yakni Gowa, Makassar dan Maros akan mendapat sasaran pertama penyuntikkan vaksin, dengan menyasar prioritas, bupati, jajaran Forkopimda, perwakilan ormas dan pimpinan SKPD lingkup Pemkab Gowa serta tenaga kesehatan di Puskesmas dan RSU Syekh Yusuf.

“Target kami minimal 10 orang yang melakukan vaksin tetapi itupun tergantung dengan hasil screening nanti, setelah ini barulah besok serentak bagi nakes di 18 kecamatan atau 26 Puskesmas termasuk RS,” kata Kepala Dinas Kesehatan Gowa dr Hasanuddin.

Hasanuddin menegaskan, penyuntikan vaksin ini akan dilakukan sebanyak dua kali, sementara jatah vaksin bagi nakes di Gowa sebanyak 2.155 baik nakes ASN maupun non ASN.

Sebelumnya, Ketua Tim Vaksinasi COVID-19 Sulsel Nurul AR mengatakan, untuk Kota Makassar jumlah Sumber Daya Manusia Kesehatan (SDMK) tercatat 15.840 orang, sesuai target sasaran. Kebutuhan dosis untuk alokasi SDMK 32.200 vial termasuk 10 dosis untuk pejabat publik. Selanjutnya, Kabupaten Gowa, jumlah SDMK 2.033 orang sesuai target sasaran. Untuk kebutuhan dan alokasi distribusi vaksin sebanyak 4.080 vial termasuk 10 dosis diberikan kepada pejabat publik. Sementara, Kabupaten Maros jumlah SMDK 1.085 orang sesuai dengan target sasaran, dengan jumlah kebutuhan dan alokasinya sebannyak 3.640 vial. 10 dosis diantaranya diperuntukkan untuk pejabat publik.

Total vaksin secara keseluruhan akan didistribusikan ke 24 kabupaten Kota di Sulsel, menyasar 58.858 orang SMDK, dengan target sasaran sebanyak 59.218 vial.

Distribusi vaksin ini dilakukan berangsur-angsur. Kota Makassar, Kabupaten Maros sementara baru 3.000 vial dan Kabupaten Gowa 4.000 vial. Sementara baru 7.000 vial didistribusikan yang waktunya disesuaikan kesiapan Penyimpanan. (IZn – persi.or.id