APAC Health Conference and Exhibition, Sarana Belajar dari Praktisi Digitalisasi RS Global

Proses tranformasi digital di sektor kesehatan di lingkup global dan Indonesia terus dibangun, namun sebagian besar masih dalam tahap perencanaan. Berbagai tantangan dihadapi di lapangan, di antaranya, keluhan sebagian dokter yang masih merasa kesulitan menyelaraskan dengan peranti yang harus digunakan, juga menyesuaikan tahapan digitalisasi dengan alur kerja klinis. Para klinisi itu meminta lebih banyak pelatihan untuk mengatasinya.

“Healthcare Information and Management Systems Society (HIMSS) 22 APAC Health Conference and Exhibition yang akan diselenggarakan di Bali pada 26-29 September 2022 akan mengupas hal itu dalam konferensi yang akan menghadirkan perwakilan Kementerian Kesehatan RI, profesor yang membidangi digitalisasi kesehatan dari Monash Universitu hingga Mayo Clinic Singapura,” kata Digital Health Advisor, HIMSS Analytics Asia-Pacific Widi Salim, BEng., M.Sc dalam APAC Health Conference Webinar Series #1 bertema Tren dan Prospek Transformasi Digital di Industri RS pada Jumat, 12 Agustus 2022.

Proses pembelajaran, termasuk yang terkait aspek digitalisasi kesehatan yang dilakukan HIMMS, kata Widi,telah dipraktikan di 50 negara serta 67.000 fasilitas kesehatan. Konferensi di Bali akan menjadi ajang pertemuan dalam lingkup Asia Pasifik.

“Bagi praktisi dan pimpinan RS, pertemuan di Bali ini relevan dengan upaya transformasi kesehatan digital yang tengah dilakukan Indonesia. Pada 2022 berdasarkan Kementerian Kesehatan, salah satu fokus utama pemerintah adalah pengembangan sistem digital kesehatan,” kata Widi.

Widi menekankan, untuk mengimplementasikan transformasi kesehatan digital, fasilitas layanan kesehatan membutuhkan wawasan berbasis riset dan bimbingan para ahli yang akan dihadirkan selama 4 hari kegiatan .

Pada diskusi, Widi juga memaparkan konferensi akan memaksimalkan potensi transformasi digital dengan berbagai topik yang membahas pendekatan berbasis bukti untuk memahami kemajuan yang telah dicapai, pengukuran kapasitas serta penyusunan strategi. (IZn – persi.or.id)