AMIR Untuk Kesehatan Anak

air kesehatananak

air kesehatananak
Ki-kanan; Ketua PERSI Daerah Sulawesi Selatan, asisten Sekretaris Daerah Sulsel, perwakilan Danone AQUA, perwakilan PERSI Pusat


Makassar – Masyarakat perlu tahu pentingnya pola hidup sehat, Perhimpunan Rumah Sakit Seluruh Indonesia (PERSI) Sulselbar memberikan edukasi mengenai Gerakan Minum Air (AMIR).yang dibuka di Ruang Pola Kantor Gubenur Sulsel, Kamis 29 Agustus.

Ketua PERSI Sulselbar, Dr. dr. Khalid Saleh, SpPD,MARS menuturkan satu dari 10 populasi global mengalami gangguan ginjal pada stadium tertentu- Global Burden.

Deseas 2010 mencatat gagal ginjal adalah penyebab kematian peringkat 18 dunia dan di Indonesia merupakan rangking kedua pembiayaanterbesar dari BPJS Kesehatan dan cenderung mengalami peningkatan setiap tahunnya.

Dibutuhkan peningkatan upaya promotif dan preventif dengan memodifikasi gaya hidup untuk pencegahan penyakit ginjal kronis yaitu salah satunya dengan Gerakan AMIR ini. Gerakan ini memberikan edukasi minum air putih minimal dua liter atau enam hingga tujuh gelas per hari. Selain itu melakukan aktivitas fisik teratur, makan makanan sehatyakni rendah lemak, rendah garam dan tinggi serat.

Menurutnya minum air putih minimal dua liter per hari belum menjadi kebiasan masyarakat di Indonesia.”Satu sari empat anak Indonesia masih kurang minum air putih. Bahkan 30 persen yang diminum bukan air mineral”ungkapnya.

Hal itu tentu akan menimbulkan beberapa penyakit yang disebabkan oleh kekurangan cairan yakni Infeksi Saluran Kemih (ISK), batu ginjal, gangguan ginjal akut dan konstipasi atau sembelit.Dalam jangka pendek bisa mengalami gangguan kognitif, kesulitan mengingat sesuatu dan kurang fokus.

Gerakan AMIR di Sulawesi Selatan akan diikuti oleh 1000 Sekolah Dasar di lima wilayah Sulawesi Selatan , yakni Kota Makassar, Kabupaten Takalar, Gowa, Maros dan Bone. Kegiatan ini merupakan bagian dari program masyarakat hidup sehat yang dicanangkan Kementerian Kesehatan (Ind/dni)

Sumber : Fajar Metropolis Makassar

baca artikel