Makalah PERSI Award Tahun 2024

KATEGORI 1: KODE ETIK DAN PERILAKU RUMAH SAKIT

  1. RSUD Ajibarang : PETTRUK : Pelaporan Pelanggaran Etik dan Disiplin Staff Rumah Sakit
  2. RSUP Hasan Sadikin Bandung : SEMPAT (Sosialisasi, Evaluasi, Monitoring, Pembinaan, Audit, dan Tata Etik): Program Peningkatan Kepatuhan Kode Etik Keperawatan di Rumah Sakit
  3. LEMPER ANTIK : ImpLEMentasi PElapoRan dan PembinaAN eTIK Disiplin Profesi Keperawatan di RSUD dr. Adhyatma, MPH
  4. Penegakan Kode Etik dan Perilaku (Code of Conduct) SDM menuju Rumah Sakit Pendidikan Unhas yang “ELOK”
  5. RS Kanker Dharmais: “Sadar Etik dengan SIKETIK”
  6. RS Bethesda Yogyakarta: E-Rekons meningkatkan Kualitas Kolaborasi Inter Profesi dalam proses rekonsiliasi obat sesuai Kode Etik Rumah Sakit Indonesia.
  7. Ethics in Harmony Integrasi Pelaporan dan Pembinaan Etik Perilaku Bernafaskan Nilai I CARE melalui Sistem Informasi Karyawan (SIK) untuk Meningkatkan Kualitas Layanan di RS Panti Rapih Yogyakarta
  8. Implementasi Whistle Blowing System di Rumah Sakit Hermina Depok
  9. DELIK (Deteksi Etiko-Medikolegal Lingkungan Internal Kita)
  10. Ronde Etik Keperawatan Sebagai Upaya Pemeliharaan Etik Staf Keperawatan

KATEGORI 2: CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY

  1. RS Pendidikan Universitas Hasanuddin Makassar : MANTAP JIWA – Program Edukasi Ke Masyarakat Sekitar Rumah Sakit
  2. RS Toeloengredjo: Melalui Peningkatan Kegiatan CSR Diharapkan Memberikan Nilai Tambah Untuk Rumah Sakit Toeloengredjo Sehingga dapat Tumbuh dan Berkualitas Serta Bermanfaat untuk Karyawan dan Masyarakat
  3. “BPR BERKAH” (Bantuan Peduli Rehabilitan Untuk Berkarya Mandiri dan Amanah) di RSJD Dr. Arif Zainudin Surakarta Provinsi Jawa Tengah
  4. RSUD Al Ihsan Kab. Bandung: ELING (Edukasi Keliling)
  5. SITI HAJAR SIM SALABIM (Aksi Peduli Masalah Sosial dalam Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat)
  6. RSU Bidadari Batubara : DIORAMA ( Dedikasi Sosial RSU Bidadari Batubara untuk Masyarakat)
  7. Tetap Belajar, Tetap Berjuang: Inovasi Pendidikan untuk Anak di RSAB Harapan Kita
  8. Kepedulian Sosial Terhadap Anak Yatim di Rumah Sakit Hermina Depok
  9. Upaya Meningkatkan Pengetahuan Masyarakat Melalui Kegiatan Bincang Seputar Kesehatan (Bicarata’) di Rumah Sakit Wahidin Sudirohusodo
  10. Bergumulnya Pasar dan Rumah Sakit di Hari Rebo Wage – Rumah Sakit Akademik Universitas Gadjah Mada
  11. Inovasi RS Mata Bali Mandara “Kami Datang, Penglihatan Terang”
  12. Peningkatan Kesehatan Gigi dan Mulut Lansia Bersama RSKGM Kota Bandung
  13. Menabur kasih Melalui Pelayanan Masyarakat – RS Advent Bandung
  14. RSJ Dr. Radjiman Wediodiningrat Lawang : Gerdu Sawah Gerakan Peduli Jiwa Sehat Empowering Lives, Sustaining Wellness
  15. Rumah Sakit Tk.IV dr. Yanto, Sp.OT Poso : “TNI-AD Manunggal Air”
  16. RS Orthopedi Surabaya : PROGRAM PENGABDIAN MASYARAKAT CSR FOR CTEV -Program Pencegahan Kecacatan Permanen Bagi Anak Penderita CTEV (Kaki Pengkor)
  17. SERUMI (Senyum Edukasi Rumah Sakit UMMI) “Menghadirkan Senyum Masyarakat Melalui Jendela Wawasan Kesehatan”
  18. Upaya Peningkatan Kesehatan Mental Masyarakat dengan Inovasi KOPI 93 (Konsultasi Online Psikologi dari Jam 9 pagi sampai Jam 3 Sore)
  19. KerinGAnan BiaYA pelayaNan kEsehatan bagi MASyarakat MISkin di RSUD Ajibarang (GAYA NE MASMIS)
  20. PANDU BUMIL (Pelayanan Terpadu Ibu Hamil) – RS dr. Hasri Ainun Habibie
  21. RS Keluarga Sehat Pati : TULUS (Tulung Tinulung lan Srawung)
  22. RSJD Dr. RM. SOEDJARWADI : Pojok Produksi Soedjarwadi Peduli Pemulihan Jiwa (SI DJARWA PULIH)
  23. RSUD dr. R. Soeprapto Cepu: Pasien Pulang Rawat Inap dengan Mobil Antar Pasien (MANTAP)
  24. RSUD dr. Adhyatma MPH : Adhyatma berSama MAsyaRAkat (ASMARA)
  25. RSUD Kebayoran Lama : Bakti Sosial RSUD Kebayoran Lama
  26. Transformasi Program CSR Berbasis Kesehatan dan Lingkungan di RSPAU DR. S. Hardjolukito (Membangun Kesehatan Masyarakat dan Keberlanjutan Lingkungan Melalui Inovasi Sosial)
  27. RSUD dr. R Goeteng Taroenadibrata Purbalingga : TENGU RAWA (Peduli Goeteng untuk Masyarakat Awam)
  28. “TELAS LUDES” (sinergiTas pengElolaan Limbah pAdat domeStik daLam mewUjuDkan Ekonomi Sirkuler) di RSJD Dr. Arif Zainudin Provinsi Jawa Tengah
  29. Strategi CSR Rumah Sakit Syariah: Memadukan Nilai-Nilai Islam Dan Tanggung Jawab Sosial – RSI Sultan Agung Semarang
  30. PENERAPAN EVIDENCE BASED NURSING PRACTICE DISCHARGE PLANNING METODE DIATOHC (Diabetes Transition of Hospital Care) Untuk Pencegahan Readmisi di RS. Persahabatan

KATEGORI 3: GREEN HOSPITAL

  1. Rumah Sakit Akademik Universitas Gadjah Mada : Glucometer Jarum Ketinggalan Jaman
  2. Pemanfaatan Minyak Jelantah untuk Pembuatan Lilin Aromatherapy dalam Mewujudkan Green Hospital di RS Mohammad Hoesin Palembang
  3. Penerapan Program ESG (Environmental, Social, And Governance) Sebagai Bagian Dari Komitmen Rumah Sakit PELNI Terhadap Pentingnya Keberlanjutan
  4. Pengelolaan Limbah Medis Botol Infus Menjadi Limbah Domestik Bernilai Ekonomis – Rumah Sakit Pendidikan Universitas Hasanuddin
  5. Konsep Zero Waste di Lingkungan Rumah Sakit Dr. Yanto, Sp.OT Poso
  6. Pemanfaatan Jerigen Bekas Hemodialisa untuk Jarum Suntik Menuju Green Hospital (PERI SALJU METAL) di RSUD Lebong
  7. PAPI OLAS (Pandai Pilah dan Olah Limbah Sekarwangi) Sebagai Simbol Optimalisasi Pengelolaan Limbah Secara Efektif dan Berkelanjutan – RSUD Sekarwangi Sukabumi
  8. ”Pemanfaatan Air Limpasan Reverse Osmosis (RO) Sebagai Langkah Mengurangi risiko Kekeringan”
  9. RS Pertamina Tanjung Goes to Green Hospital
  10. PAK ECO DI RSML (Program dan Aksi Eco Green di RS. Muhammadiyah Lamongan)
  11. “7 Scaling Up NZE Reborn” (7 Sinergitas Capaian Aksi Lingkungan Menuju Implementasi Net Zero Emission Rumah Sakit Rendah Karbon) di RSJD Dr. Arif Zainudin Provinsi Jawa Tengah
  12. RSUP dr. Sardjito : “RUMAH SURYA” KILAU ENERGI TERBARUKAN (Alternatif Pengelolaan Lumpur IPAL Ramah Lingkungan)
  13. SAMPAHMU TANGGUNGJAWABMU – Studi Kasus Tentang Pengelolaan Sampah Domestik Rumah Sakit Nur Hidayah
  14. RSUD R Syamsudin, SH : Efektifitas Pemanfaatan Sodium Chloride dari sisa larutan dialisis dengan menggunakan Metode Elektrolisis untuk menyediakan Air Bersih sesuai Standar Baku Mutu Kesehatan Lingkungan (SBMKL)
  15. RS Bethesda Yogyakarta : Efisiensi Air Dengan Memanfaatkan Air Bekas Backwash Pada Pengelolaan Air Bersih untuk Penyiraman Tanaman

KATEGORI 4: HEALTH SERVICE DURING CRISIS

  1. Inovasi Kolalin Covid-19 (Komunikasi Lalu Lintas Rujukan Covid-19) – RSUD Al Ihsan Provinsi Jawa Barat
  2. Inovasi Webinar dan Penyuluhan Waspada TB Sejak Dini di Sekolah, Langkah Kongkrit Sadari Eliminasi Krisis Tuberkolosis (TB) – RS PKU Muhammadiyah Gamping
  3. Pengadaan Ruangan Isolasi Untuk Covid-19 di RSPTN Universitas Udayana
  4. Langkah Jitu Deteksi Dini Kanker Melalui Tes Genomik – RS Kanker Dharmais
  5. Penerapan Lean Management dalam Proses Adaptasi Pandemi Covid-19 di Rumah Sakit PELNI Jakarta
  6. Strategi Pengendalian Biaya Farmasi RSPAU dr. Suhardi Hardjolukito
  7. RSUD Ajibarang : SIDONARSIS (Sistem Komando Bencana dan Krisis)
  8. “IMPORTANT” (Informasi teMpat Tidur, PengORganisasian, dan Kinerja Ruang PerawaTAN Terintegrasi) – RSUD dr. Adhyatma, MPH Semarang
  9. Health Disaster Plan Hujan Abu Gunung Merapi – RS Mata dr. YAP Yogyakarta
  10. Peran Evakuasi Medik Udara Dalam Penanggulangan Bencana (Pengalaman RSPAU Dr. S. Hardjolukito dalam Operasi Kemanusiaan)
  11. Strategi Meraih Keunggulan Kompetitif Berkelanjutan Pasca Pandemi Covid-19 dengan Metode Analisis SWOT – RS Islam Sultan Agung
  12. Amino Hospital Semarang: Pelayanan Kegawatdaruratan Jiwa Berbasis Aplikasi: PENTOL BAKAR (Pencet Tombol Bila Ada Kegawatdaruratan Jiwa)
  13. Upaya Meningkatkan Pengetahuan Masyarakat Melalui Kegiatan Bincang Seputar Kesehatan (Bicarata) Di Rumah Sakit Wahidin Sudirohusodo
  14. PELITA MERINDU Peduli Kesehatan Mental Remaja melalui Pelayanan Kerjasama Terpadu – RSJD Dr. RM. Soedjarwadi
  15. “TALI JIWO “ Pemberdayaan Mahasiswa, HEALTH PROMOTING UNIVERSITY Terhadap Sistem Rujukan Kesehatan Mental Upaya Bunuh Diri di Lingkungan Kampus – RS Akademik Universitas Gadjah Mada
  16. Pemanfaatan “SIDORA” Sistem Informasi Donor Darah dalam Menjaga Kualitas Darah Transfusi di Unit Pengelola Darah RS Wahidin Sudirohusodo Makassar

KATEGORI 5: HEALTHCARE WORKER’S WELLBEING

  1. SEROJA WANGI (Sehat Rohani dan Jasmani: Work-Life Balance Pegawai RS Ummi)
  2. Layanan Katering Sehat bagi Pendamping Pasien dan Karyawan di RSAB Harapan Kita
  3. Program Pendampingan Biopsikososial Spiritual (BPSS) Pegawai RSP Unhas
  4. Implementasi Core Value “S.M.A.R.T” sebagai karakter dasar Sumber Daya Manusia dalam penerapan patient safety di Rumah Sakit Islam Assyifa Sukabumi
  5. Perancangan Alat Bantu Pelepas Jarum Suntik Bekas Pakai “Needle Removal Tools” (NRT) untuk Mendukung Program Kesehatan & Keselamatan Kerja Tenaga Medis di RS Siloam Purwakarta
  6. Kolaborasi Pembinaan Fisik, Mental, dan Sosial Khas TNI AL di Rumkital Dr. Mintohardjo
  7. Program Kesehatan Jiwa bagi Tenaga Kesehatan di RS Univeritas Tanjungpura
  8. BUSET (Bugar dan Sehat) Karyawan RS Islam Jakarta Sukapura
  9. Optimalisasi Kesejahteraan Fisik dan Mental Tenaga Medis dengan SEHAT AMINO (skrining kesehatan jasmani dan mental RSJD Dr Amino Gondohutomo)
  10. “KOPRAL JANA” (KOnseling PeRnikAhan Menuju KeLuarga SeJAhtera dan BermakNA)
  11. BRAGA “Bareng-bareng Kita Yoga” Rumah Sakit Khusus Gigi dan Mulut Kota Bandung
  12. Healthcare Worker’s Wellbeing Melalui Program Olah Raga Bersama Dan Kauseri Agama Sebagai Pilar Peningkatan Kualitas Pelayanan yang Paripurna di RSPAL Dr Ramelan
  13. Sejahtera Jasmani, Rohani dan Finansial Membentuk Karyawan Siap Melayani dengan Ceria (TERAJANA TAMAN RIA) – RSUD Ajibarang
  14. SI KETAN JARI – Sistem Informasi Keselamatan dan Kesehatan Kerja RSUD Wonosari
  15. Program Pengelolaan Kesehatan Pegawai Sebagai Upaya Optimalisasi Produktivitas dan Kesejahteraan Pegawai di Rumah Sakit PELNI
  16. Klub IMT (Indeks Masa Tubuh) Ideal Pegawai Langkah Awal Optimalkan Kesehatan Civitas Hospitalia – RS PKU Muhammadiyah Yogyakarta
  17. KSH Community Langkah Sehatku Bersama KSHKu – RS Keluarga Sehat Pati
  18. PENDEKAR JERA PINJOL PENyelesaian DErita KARyawan dari JERAtan PINJaman On Line – RSJD Dr. RM. Soedjarwadi
  19. Peningkatan Work Enggagement Karyawan Dengan Program Retensi Champion Of The Month – RS Hermina Depok
  20. Program Pendampingan Biopsikososial Spiritual (BPSS) Pegawai RSP Unhas
  21. Healthcare Workers’ Wellbeing di RS EMC Tangerang
  22. Bersama Limbuk Laundri Ikut Memajukan Kesejahteraan Karyawan RSA UGM
  23. Program AYO BERANI – RS Advent Bandung
  24. Menuju Berat Badan Ideal, Tubuh Sehat Kinerja Optimal Bersama MINDSLIM Program – RS PKU Muhammadiyah Surakarta
  25. Terajud Sebagai Media Ketenangan Jiwa dan Penurunan Kecemasan untuk Pasien Kemoterapi di RSI Sultan Agung Semarang
  26. Inovasi Program Kesejahteraan Karyawan Kesehatan (Meningkatkan Kesehatan Mental dan Fisik melalui Teknologi dan Pendekatan Berbasis Data) – RSPAU dr. S. Hardjolukito
  27. Hasil MCU Pegawai RS Persahabatan Online
  28. AHJULID DAN AKAL Pola Rumusan Pemberian Remunerasi di lingkungan RSUD Al lhsan Provinsi Jawa Barat
  29. Optimalisasi IV Team To Be IV Heroes RS “JIH” Purwokerto

KATEGORI 6: LEADERSHIP AND MANAGEMENT

  1. E-RAPAT : Sistem Kendali Rapat yang Efektif dan Efisien – RS Mata dr. YAP Yogyakarta
  2. AXSI TAPAL KUDA (Implementasi Metode Six Sigma dengan Pendekatan DMAIC melalui Brand Image “Mudah, Ramah, Mewah” Untuk Mencapai The Zero Defect Approach dalam Meningkatkan Mutu di Rumah Sakit Paru Jember)
  3. Agent Of Change (AOC) Hospitality RSUD Budhi Asih
  4. INOVASI HATI HOSPITAL (Halal Medical Tourism Hospital) – Rumah Sakit dr. Hasri Ainun Habibie
  5. Implementasi Budaya BerAKHLAK Melalui Program Kerja Agent Of Change – RSAB Harapan Kita
  6. Sistem Reward Perawat Berbasis Jenjang Karir dan Kinerja Klinis – RS Pendidikan Universitas Hasanuddin
  7. Upaya Memperkecil Kerugian Rumah Sakit dalam Kondisi Krisis SDM Keperawatan Sejak Agustus 2024 – RSUP Persahabatan
  8. Raja Harum Respon Cepat Serangan Jantung untuk Harapan Hidup Meningkat – RSUD Kota Mataram
  9. RS Panti Rahayu YAKKUM Purwodadi – “Si Termo_plus”
  10. Transformasi Kepemimpinan dalam Era Digital (Menerapkan Teknologi untuk Meningkatkan Manajemen Rumah Sakit) – RSPAU dr. S. Hardjolukito
  11. Pengembangan Kompetensi Sumber Daya Manusia Kesehatan Melalui RSJD Dr Amino Gondohutomo Sebagai Penyelenggara Pelatihan Terakreditasi Kementerian Kesehatan
  12. KITA SADAR MANDIRI UNTUK SOETOMO (Kolaborasi Interprofesional, Transparansi, dan Akuntabilitas melalui Satu Data Rekam Medik Mandiri untuk Sempurnakan Organisasi agar Semakin Efisien, Tangguh, berorientasi Mutu, dan Modern)
  13. Penerapan “SI APIK” Sistem Alur Pelayanan Intensif dengan Kaizen di Unit Cardiovaskular Care Pusat Jantung Terpadu RSUP Dr. Wahidin Sudirohusodo Makassar
  14. Perbaikan Alur Layanan Kemoterapi Dengan Menggunakan Sistem Slot di Rumah Sakit PELNI dengan Mengoptimalkan Peran Tim Onkologi
  15. Pelatihan Dokter Saintifikasi Jamu Upaya Terobosan Ilmiah Pemanfaatan Jamu di Fasyankes – RSUP Dr. Sardjito Yogyakarta
  16. LANCAR BERKEMBANG (pelaporan lancar RS berkembang) – Rumah Sakit Akademik Universitas Gadjah Mada
  17. “SIMPENAN UANG BUDI” “SIsteM PENgelolaAN KeUANGan BLUD TerIntegrasi Melalui Pengembangan Aplikasi Aza Digital Di Rumah Sakit Jiwa Daerah Dr. Arif Zainudin”
  18. Pemilihan Pegawai Teladan RSKGM Kota Bandung
  19. JULIET (Just Culture in Leadership For Patient Safety) Project – RSU Bidadari Binjai
  20. ADA AJA (Aplikasi pengaDAan bArang JAsa) – RSUD Dr. Adhyatma, MPH
  21. “SADEWA” (Sistim Administrasi dan Evaluasi Kepegawaian) Aplikasi Android Pemantauan Kinerja dan Mutu – RSJD Dr. RM. Soedjarwadi
  22. “THE LEADERS” : Upaya Peningkatan Sustainability Pelayanan – RS UMMI
  23. Gerakan SABDA YES (Sapa, Briefing, Doa danYel Semangat) Sebagai Upaya Meningkatkan Integritas Karyawan dalam Meningkatkan Kualitas Layanan di RSI Siti Hajar Sidoarjo
  24. Peningkatan Kecepatan Waktu Administrasi Pasien Pulang Rawat Inap dengan Optimalisasi Sistem Manajemen Bed di Rumah Sakit Bethesda Yogyakarta
  25. Peran Instalasi Clinical Research Unit dalam Menghasilkan Penelitian untuk Pelayanan dalam rangka Efisiensi dan Efektifitas Pemeriksaan TB MDR – RSUP Persahabatan
  26. Inovasi Ruang Kerja Kolaboratif meningkatkan produktivitas bekerja dan meningkatkan budaya kolaborasi antar karyawan di Rumah Sakit Islam Sultan Agung Semarang
  27. Implementasi Good Governance dan Clean Governance dI RSUD dr. Adhyatma, MPH Provinsi Jawa Tengah Melalui ADA AJA (Aplikasi pengaDAan bArang JAsa)
  28. KETAN PEDAS (KEndali KegiaTAN dan PErsetujuan Usulan Belanja/PengaDAan Secara Mobile)
  29. Mancakrida Hastabrata Health Tourism – Rumah Sakit Jiwa Dr. Radjiman Wediodiningrat
  30. Kesigapan Civitas Hospitalia dalam Bertranformasi Budaya – RS PKU Muhammadiyah Gamping
  31. Sebuah Pendekatan Komprehensif untuk Menjawab Kebutuhan Pemimpin Berkualitas Guna Mendukung Pengembangan Bisnis Rumah Sakit Islam Jakarta Group
  32. Pengembangan Instrumen Telusur Internal Berbasis Standar Akreditasi dengan Model Addie – RS PKU Muhammadiyah Yogyakarta
  33. Perbaikan Alur Layanan Kemoterapi Dengan Menggunakan Sistem Slot di Rumah Sakit PELNI dengan Mengoptimalkan Peran Tim Onkologi
  34. Membangun dan Mengawal Transformasi RS Universitas Brawijaya
  35. Aplikasi Dashboard Direktorat Layanan Operasional (ADA DIR.LO) untuk Upaya Peningkatan Efisien, Efektivitas dan Mutu Pelayanan di Rs Mohammad Hoesin Palembang
  36. Menilai Keterlibatan Karyawan : Survei untuk mendorong komitmen dan kepuasan di tempat kerja – RS Islam Jakarta Cempaka Putih
  37. Panduan Internship Perawat Baru – RS Universitas Hasanuddin
  38. Peningkatan Kinerja Teknis Perawat Pelaksana Melalui Model Supervisi 3F (Fair, Feedback, Follow Up) – RS Universitas Tanjungpura

KATEGORI 7: QUALITY AND PATIENT SAFETY

  1. Peningkatan Kualitas dan Keamanan Pasien Melalui Pelatihan Berbasis Simulasi (Pendekatan Terbaru untuk Pengembangan Kompetensi) – RSPAU dr. S. Hardjolukito
  2. Penguatan Budaya Keselamatan Pasien di RSUP dr. Sitanala Melalui Digitalisasi Pelaporan Insiden Keselamatan Pasien Bersama Si AMAN
  3. Catatan Harian “SI MANIS” Dari RSA UGM
  4. “Penerapan Pedoman Pencegahan Kejadian Luka Tekan dengan Skala Braden di Ruang ICU & Rawat Inap” – RS Universitas Tanjungpura
  5. CEGAT TAKSI (Cegah Lecet Akibat Tali Fiksasi) – Amino Hospital Semarang
  6. Meningkatkan Komunikasi BEDSIDE HANDOVER Perawat dengan Metode ISITDOWN di RSUD Kabupaten Bekasi
  7. Memulai Trombolisis di Ruang CT Scan – Siloam Hospital
  8. QUALITY AND PATIENT SAFETY Aplikasi lndikator Mutu (SIKAMU) – RSUD Al lhsan Provinsi Jawa Barat
  9. Efektifitas Program “AGA KAREBA” Dalam Meningkatkan Kualitas Layanan dan Keselamatan Pasien di Unit Cardiovaskular Care Pusat Jantung Terpadu RSUP Dr. Wahidin Sudirohusodo Makassar
  10. Fast Respon Sistem Code Stroke Rumah Sakit Hermina Depok
  11. Cegah Diskrepansi dengan Rekonsiliasi Upaya Penjaminan Quality And Patient Safety – Rumah Sakit ‘‘Aisyiyah Bojonegoro
  12. Suhu Tepat, Pasien Selamat – RS Keluarga Sehat Pati
  13. Digitalisasi Pemesanan dan Penagihan Pemeriksaan Point of Care Testing (POCT) Glukosa untuk Meningkatkan Kualitas Pelayanan di Rumah Sakit PELNI, Jakarta
  14. SIPETIR (Sistem Pelaporan Terpadu Insiden Rumah Sakit) RSUD Ajibarang
  15. Manajemen Terintegrasi Untuk Luka – Rumah Sakit Santo Borromeus Bandung
  16. “PEMANIS GUWA SALUT” (Perawatan Humanis Gangguan Jiwa Bangsal Akut) di RSJD Dr. RM Soedjarwadi Provinsi Jawa Tengah
  17. Smile Makes My Patient Smiling – RS Islam Sultan Agung
  18. LAYANAN TISA DI POTER JAZA Layanan Terapi Spiritual di Pojok Terapi Jiwa Rumah Sakit Jiwa Daerah Dr. Arif Zainudin
  19. TINTA LATIFA (Tingkatkan Keselamatan Melalui Patient Safety Alert) – RSKGM Kota Bandung
  20. Peran Ambulans NETS RSPAL Dr. Ramelan Dalam Menurunkan Angka Kematian Bayi Baru Lahir di Surabaya
  21. “STRENG” (Sarung Tangan REstrain amaN & multiGuna) – RSUD dr. Soetomo
  22. Quality And Patient Safety : Manajemen Pelayanan Pasien yang Bermartabat, Menuju Rumah Sakit PKU Muhammadiyah yang Berkemajuan di Rumah Sakit PKU Muhammadiyah Surakarta
  23. Digitalisasi Pemesanan dan Penagihan Pemeriksaan Point of Care Testing (POCT) Glukosa untuk Meningkatkan Kualitas Pelayanan di Rumah Sakit PELNI, Jakarta, Indonesia
  24. Program Comfort Promise dalam Mengurangi Nyeri Terkait Jarum bagi Pasien Anak-Anak di RSHS Bandung: a Quality Improvement Study
  25. Peningkatan Kualitas dan Keselamatan Pasien Melalui Percepatan Diagnostik dan Terapi Solid Tumor Ganas Baru di Poliklinik Rawat Jalan Anak – RS Hasan Sadikin Bandung
  26. Peningkatan Kualitas Pasien Kanker Berdasarkan Percepatan Waktu Tunggu Operasi di Poli Bedah Onkologi RSUP Dr. Hasan Sadikin Bandung
  27. Sikap MPP Supervisi Implementasi Sasaran Keselamatan Pasien di RSUD Toto Kabila
  28. Lead The Way To Better IV Management Dengan Kosmo (Aplikasi Kalkulator Osmolaritas) – Siloam Hospital
  29. Upaya Meningkatkan Patient Safety dengan mengenal Interaksi obat, Polifarmasi dan Beyond Use Date (BUD) – RS Pertamina Prabumulih
  30. Pendampingan PDSA Komite Mutu Rumah Sakit Cahya Kawaluyan
  31. Membangun Hemodialisis Disaster Plan : Inovasi dan Strategi Kesiapan di Masa Darurat – Rumah Sakit Akademik Universitas Gadjah Mada
  32. Pengembangan metode AMAL (Pengamatan dan Evaluasi) bulanan untuk meningkatkan kepatuhan cuci tangan dalam menurunkan kejadian infeksi di Rumah Sakit Anak Bunda Harapan Kita
  33. Nyaman Pasca Operasi: Selamat Tinggal Mual dan Muntah
  34. lmplementasi Alarm Klinis  – Rumah Sakit EMC Alam Sutera
  35. Penerapan SIM Mutu di RS Panti Rahayu
  36. Perancangan Alat Bantu Pelepas Jarum Suntik Bekas Pakai “Needle Removal Tools” (NRT) untuk Meningkatkan Kualitas dan Keselamatan Pasien di RS Siloam Purwakarta
  37. “Dapatkah RS Tumbuh menjadi Center Farmakovigilans Melalui Peningkatan Kuantitas dan Kualitas Data Pelaporan ESO?” – Rumah Sakit Kanker “Dharmais”

KATEGORI 8: INNOVATION IN HEALTHCARE IT

  1. Sistem Informasi Bank Darah (SIBADAR): Dashoard Ketersediaan Darah dan Administrasi pada Unit Bank Darah di Rumah Sakit Hermina Sukabumi
  2. Inovasi Teknologi dalam Evakuasi Medik Udara (Meningkatkan Responsivitas dan Keselamatan Pasien di RSPAU Dr. S. Hardjolukito Menuju Rumah Sakit yang Tangguh dan Berkelanjutan)
  3. Adoption of Close-Loop Medication Administration System Technology By Nurses to Reduce Medication Error Incidents – Siloam Hospitals Lippo Village
  4. Lakukan Setiap Saat, Kami Temani… – RS Kanker Dharmais
  5. Inovasi Aplikasi GOESTER (Goeteng SPO Terintegrasi)  – RSUD dr. R. Goeteng Taroenadibrata Purbalingga
  6. Inovasi Bridging Apotek Online Bpjs Meningkatkan Efisiensi dan Efektifitas Kinerja Rumah Sakit – RS PKU Muhammadiyah Surakarta
  7. Innovasion In Healthcare IT dengan Menggunakan SIMUT (Sistem Aplikasi Mutu) di Rumah Sakit Djatiroto
  8. Penerapan AI dalam Pengajuan Klaim BPJS – RS Akademin Universitas Gadjah Mada
  9. E-Sekretariat: Solusi Percepatan Lalu Lintas Surat Menyurat Terintegrasi – RS Islam Sultan Agung
  10. “Pelaporan Insiden Keselamatan Pasien Melalui Fitur Aplikasi Sadewa” (Raden Mas Matur Sadewa) di RSJD Dr. RM Soedjarwadi Provinsi Jawa Tengah
  11. SI – PASTI – Sistem Informasi Pasien Terintegrasi – RSUD Kota Mataram
  12. EDI PENI – Electronic Discharge Planning untuk Menurunkan Angka Readmisi: Studi Kasus Pada Pasien Diabetes Mellitus – RS PKU Muhammadiyah Gamping Yogyakarta
  13. FASCON (Fast Calculation Application) – RSUD Aji Muhammad Parikesit
  14. Implementasi Sistem Informasi Radiologi RIS-PACS Integrasi Simgosrs dalam Peningkatan Kualitas Response Time Penanganan Pasien Cito Trauma Kepala di UGD Bedah RS Wahidin Sudirohusodo Makassar
  15. Inovasi Pelaporan “E-Mitra” (Elektronik Mutu dan Insiden Keselamatan Pasien Rumah Sakit Adhyatma)
  16. Penerapan Audit Digital (E-Audit) dalam Meningkatkan Standar Layanan, Kepatuhan dan Keselamatan Pasien di Rumah Sakit
  17. RS Aisyiyah Bojonegoro Robot (ARSABOT) Data Analyst Pelayanan JKN RS ‘Aisyiyah Bojonegoro
  18. Inovasi Pelayanan dengan PASHMINA (Pasien Hermina) untuk Menurunkan LENGTH OF STAY (Los) Instalasi Gawat Darurat di RS Hermina Daan Mogot
  19. Aplikasi Penilaian dan Manajemen Nyeri – Rumah Sakit Hermina Pasuruan
  20. SISWELL : Patient for Patient Safety – RS Hermina Tangkubanprahu, Malang
  21. Patient Radiation Dose Optimization With Eita – Alara Technique. Comprehensive Thorax Digital Radiography It System To Protect Patient Radiation Safety And Preserving Image Fidelity In Radiology Department Of Mandaya Royal Hospital Puri
  22. Digitalisasi skrining pasien tuberculosis sebagai Upaya pelaporan dan intervensi yang komprehensif di Rumah Sakit PELNI Jakarta
  23. SILOAM DRUGS CALCULATOR Solusi Cerdas: Perhitungan Dosis Obat dalam Waktu Kurang dari 40 Detik
  24. THE SMART “Temperature and Humidity Evaluation: Systematic Monitoring and Real-time Accuracy, Presisi for Quality and Patient Safety” – RS UMMI
  25. “SI PANDU MOLEN” Integrasi Sistem Pendaftaran Mandiri dan Terpadu dengan Mobile JKN (Jaminan Kesehatan Nasional) di RSJD Dr. Arif Zainudin Provinsi Jawa Tengah
  26. Implementasi Lean Management Hospital menggunakan Aplikasi Notion di Rumah Sakit Khusus Gigi dan Mulut Kota Bandung
  27. Pelaporan dan Pembelajaran Keselamatan Pasien Melalui Aplikasi Easy Report – RSU Pindad
  28. Siap Oke dan Simponi Upaya Peningkatan Mutu Pelayanan dan Pelaporan Kamar Operasi Berbasis IT di RSUD Dr. Soedono Madiun
  29. Me-CoRe Message Control Reminder RSUD Genteng Banyuwangi
  30. Program “MAHA RESTU” – Mataram Harum Rendah Stunting – RSUD Kota Mataram
  31. SIMMUTU – RSUD Prembun
  32. QRoSceK (QR Code Surat Rencana Kontrol) – RSU Putri Bidadari
  33. Pengembangan Sistem Digitalisasi (SHPL DIGI) Dalam Upaya Peningkatan Efisiensi dan Efektivitas Kerja di RS Siloam Sriwijaya Palembang
  34. Telementoring Sebagai Suatu Inovasi dalam Pelatihan Keperawatan Kanker Dasar – RS Kanker Dharmais
  35. Pengembangan Aplikasi Skrining Penyakit Sarkopenia Berbasis Ponsel untuk Deteksi Dini Penyakit Sarkopenia – RSUD Dr. Hasan Sadikin Bandung
  36. Efektivitas Pengembangan Program Inovasi Transisi Berbasis M-Health dalam Meningkatkan Pemulihan dan Mencegah Readmisi pada Pasien Cedera Kepala Pasca Perawatan – RSUD Dr. Hasan Sadikin Bandung
  37. Pengalaman Staf Rumah Sakit Terhadap Penerapan Sistem Hinai pada Layanan Rawat Jalan di RS Hermina Ciruas: Sebuah Studi Fenomenologi – RS Hermina Ciruas
  38. “Pelaporan Insiden Keselamatan Pasien (IKP) Berbasis Aplikasi Lapis (LAPOR INSIDEN)” – RS Universitas Tanjungpura
  39. Inovasi Arisan Mobil (Aplikasi RSUD Al Ihsan Mobile)
  40. SHPL DIGI Transforming your Old Monitoring Facilities and Wastes to Digital – Siloam Hospital
  41. “PENDEKAR SERASI” – Penanganan Dini, Emergency, Kuratif, Rehabilitasi Stroke,  Terintegrasi -RSUD Kota Mataram.
  42. “Pengembangan Aplikasi Pemulangan Pasien H-1 di Rumah Sakit Persahabatan”
  43. Penggunaan Sistem Digital Pelaporan Insiden Terhadap Budaya Keselamatan Pasien di RSUD Budhi Asih
  44. PERMAISURI DANCING : Persainan Aman, Bayi Sehat, Ibu Berseri dengan ANC Ruting USG – RSUD Kota Mataram
  45. RESIM GAUL: REformasi Sistem Informasi Manajemen GAwe UngguL) – RSUD Ajibarang
  46. Stroke Quality Assurance And Care (Square) Sebagai Sistem Kendali Mutu Dan Kendali Biaya Asuhan Pasien Stroke Infark Berbasis Artificial Inteligence – Universitas AMIKOM Purwokerto
  47. “RADNUSA: Transformasi Digital dalam Manajemen Radiofarmaka Rumah Sakit” RS. Kanker “Dharmais”
  48. Digitalisasi Pengawasan Limbah Medis Terintegrasi (siWalet) Rumah Sakit Umum Daerah Kota Mataram
  49. Optimalisasi Transformasi Digital THIS Mobile (Aplikasi Berbasis Android) untuk Manajemen Bed di RSUD Tarakan Jakarta
  50. Raja Ampat 2 Rawat Jalan Anjungan Mandiri Pasien Terintegrasi Versi 2 – Pusat Jantung Nasional – Harapan Kita
  51. Quality And Patient Safety – RS Djatiroto
  52. Inovasi Closed Loop Medication System di SMC RS Telogorejo
  53. SI RADEN Strategi Peningkatan Ketepatan Pelaporan Insiden Keselamatan Pasien – RS Paru Jember
  54. SISTEM “TELERADAMINO” Sebagai Sarana Konsultasi Hasil Radiografi Memanfaatkan Aplikasi Microdicom dan Whatsapp (WA) – RSJD dr. Amino Gondohutomo Provinsi Jawa Tengah
  55. AI Based Pharmacy Education & Digital Pillchart : Solusi Peningkatan Keselamatan Pasien dan Outcome Terapi dengan Optimalisasi Engagement Pasien terhadap Apoteker di Layanan Farmasi Rumah Sakit “JIH” Purwokerto
  56. Pemanfaatan Tombol Panik & Go Ambulance Mobile Apps RS MMC
  57. “Pengembangan Aplikasi Penapisan Kredibilitas Penyedia Barang dan Jasa Melalui Vemanis (Vendor Manajemen Sistem) di RS Vertikal RSAB Harapan Kita ”
  58. “Peningkatan Mutu Pengadaan Barang dan Jasa BLU dalam Pengembangan Aplikasi Vendor Manajemen Sistem (VMS) di RS Vertikal RSAB Harapan Kita ”

KATEGORI 9: CUSTOMER SERVICE, MARKETING & PUBLIC RELATION

  1. “Pagar Mangkok Lebih Kokoh Daripada Pagar Tembok” Collaborative And Sustainable Corporate Social Responsibility Rumah Sakit “Jih” Purwokerto Melalui Pembangunan – Pengelolaan Masjid, Pembuatan Gapura Makam, Dan Keranda Jenazah
  2. Optimalisasi Pemasaran Digital sebagai Upaya Lebih Dekat dengan Masyarakat – RS Mata Cicendo Bandung
  3. Voice of Engagement – Melalui Pengelolaan Pengaduan Terintegrasi RSUD dr. Soedono Provinsi Jawa Timur
  4. Customer Care – RSUP Persahabatan
  5. Layanan Pasien Eksekutif: Meningkatkan Pengalaman Perawatan Kesehatan – Rumah Sakit Hermina Manado.
  6. “Ketipin Saja” (Ke Multazam Titip Cetak Pin, Solusi Mudah, Datang Kapan Saja) Pemanfaatan Cetak Pin sebagai Strategi Customer Retention di TLF Multazam RS Muhammadiyah Lamongan
  7. Perawat Asuh Hemodialisis (PERAHU HADE) –  RSUD R. Syamsudin, SH Sukabumi
  8. IKON (Ingat KONtrol) – RSUD dr. Adhyatma, MPH
  9. KARTINI (Kiat RSUD Genteng Peduli Wanita)
  10. Yuk Kita Cari Tau Bersama RS Hermina Depok
  11. KUDA PONI – Kurangi Daftar Antrian Pengambilan Obat Dengan Titip – RSUD Genteng Banyuwangi
  12. “PELANGI RSKGM” Pemberian Pelayanan Kesehatan Gigi dan Mulut dengen Dental Car sebagai Solusi Peningkatan Pelayanan Kesehatan Gigi dan Mulut di RSKGM Kota Bandung
  13. “MIS CETAR PE PE” (Management Informa.on Sistem yang Cepat, Tanggap dan Responsif terhadap Pengaduan Pelanggan) – RSJD Dr. Arif Zainudin Provinsi Jawa Tengah
  14. Implementasi Strategi PKRS dalam Pertumbuhan Rumah Sakit Islam Yogyakarta PDHI
  15. “Children Go to Hospital.” – RSJ Dr. Radjiman Wediodiningrat
  16. Optimalisasi Relationship Marketing : Komunitas Pasien Kanker Payudara Sebagai Strategi Untuk Meningkatkan Loyalitas Pasien di RS PKU Muhammadiyah Surakarta
  17. Family-Centered Maternity Care The Right Home Care Solution For Mother And Baby’s Health At Home RSI Sultan Agung Semarang
  18. JOGO TONGGO: Perawat Antar Pulang Pasien (Peta Si Pulan) – Amino Hospital Semarang
  19. KONEKSI (Komunikasi, Edukasi Dan Informasi Psikiatri) dalam Meningkatkan Kemandirian Perawatan ODGJ Pasca Rawat Inap. – RSJD Dr. RM. Soedjarwadi Provinsi Jawa Tengah
  20. Transformasi Layanan Pelanggan Berbasis Teknologi (Meningkatkan Pengalaman Pasien dan Reputasi Rumah Sakit Melalui Inovasi Digital dan Strategi Komunikasi Terpadu) – RSPAU dr. S. Hardjolukito
  21. PANSTUP – Pasien Senang Tahu Persiapan Pulang – RSUD Toto Kabila