Prof. Dr. Tjandra Yoga Raih Paramakarya Paramahusada: Semoga PERSI Makin Berjaya

Perhimpunan Rumah Sakit Seluruh Indonesia (PERSI) memberikan anugerah pada rumah sakit, tokoh, serta para pengurus pada pembukaan rangkaian Kongres PERSI XVI, Seminar Nasional XX, Seminar Tahunan Patient Safety XVIII, Rabu, 16 Oktober 2024 di Jakarta Convention Center. Pemberian penghargaan dilakukan oleh Ketua Umum PERSI dr. Bambang Wibowo, Sp.O.G, SubSp.K.Fm, MARS, FISQua. Anugerah PERSI tersebut terdiri atas tiga kategori.

Kategori Paramakarya Paramahusada yang diberikan kepada tokoh-tokoh masyarakat yang telah berkontribusi pada dunia kesehatan dan mendukung penguatan rumah sakit. Pada 2024, Paramakarya Paramahusada diberikan kepada Prof. Dr. Tjandra Yoga Aditama, Sp.P(K), MARS, DTM&H, DTCE, FISR atas kiprahnya menulis artikel terkait Covid-19 serta tema kesehatan lainnya.

Prof Tjandra Yoga Aditama yang juga Direktur Pascasarjana Universitas Yarsi menyatakan rasa syukurnya terhadap anugerah tersebut. “Saya tentu merasa bersyukur dan berterimakasih pada PERSI organisasi rumah sakit terbesar di Indonesia, dimana pada periode sekarang saya menjadi Dewan Pakarnya. “

Ia juga menambahkan tiga harapan pada PERSI. “Pertama, semoga PERSI semakin berjaya dalam kinerjanya berbakti pada bangsa dan negara. Ke dua, semoga rumah sakit di Indonesia dapat terus menjaga dan meningkatkan mutu pelayanan kesehatan kepada seluruh rakyat kita. Ketiga, semoga perkembangan rumah sakit di Indonesia dapat terus berkembang pesat menuju pencapaian derajat kesehatan yang terbaik bagi anak bangsa, menyongsong Indonesia Emas 2045.”

Anugerah Paramakarya Paramahusada juga diberikan pada Menteri Kesehatan periode 2014 – 2019 Prof. Dr. dr. Nila Djuwita Faried Anfasa Moeloek, Sp.M(K) atas kontribusinya menginisiasi dan memimpin berbagai program kesehatan preventif dan promotif, rumah sakit pratama, wajib kerja dokter spesialis, serta Nusantara Sehat. Penerima Anugerah Paramakarya Paramahusada ketiga adalah Menteri Kesehatan 2012-2014 dr. Andi Nafsiah Walinono-Mboi SpA, MPH atas sumbangsihnya mengatasi kasus kematian ibu dan anak di wilayah tertinggal.

Selain itu diberikan pula Anugerah Paramakarya Darmatahusada bagi rumah sakit serta Paramakarya Satyahusada yang dianugerahkan pada sosok pengurus atau mantan pengurus PERSI yang dinilai berjasa. (IZn – persi.or.id)