PERSI Award Tahun 2024

PERSI AWARDS merupakan ajang penghargaan bagi Rumah Sakit, sebagai salah satu bentuk kontribusi Perhimpunan Rumah Sakit Seluruh Indonesia (PERSI) dalam upaya meningkatakan mutu perumah sakitan di Indonesia. Lomba PERSI  AWARDS  diadakan bersamaan dengan KONGRES PERSI XVI, SEMINAR NASIONAL PERSI XX, SEMINAR TAHUNAN PATIENT SAFETY XVIII DAN HOSPITAL EXPO XXXVI, tanggal 16 – 19 Oktober 2024 bertempat di Jakarta Convention Center (JCC).

TEMA : 
“RUMAH SAKIT TUMBUH, TANGGUH DAN BERKUALITAS UNTUK SEMUA”

Setiap kategori menghadirkan kesempatan unik untuk memperlihatkan inovasi/kegiatan, program, dan layanan luar biasa dari rumah sakit.

PESERTA LOMBA :
Lomba PERSI AWARDS 2024 ini terbuka untuk Rumah Sakit yang berdomisili di seluruh Indonesia, khusunya Rumah Sakit anggota PERSI yang menunjukkan keunggulan atau pencapaian luar biasa dalam mempromosikan kualitas mutu dan keselamatan pasien. Pencapaian dapat mencakup kegiatan yang menunjukkan komitmen yang jelas terhadap kualitas keselamatan pasien di rumah sakit. sebagai contoh

  • Mengembangkan dan mempromosikan layanan atau model perawatan baru atau yang lebih baik dengan kualitas dan keselamatan pasien sebagai tujuan inti;
  • Membangun budaya keselamatan pasien di tempat kerja di semua tingkat organisasi;
  • Meningkatkan pendidikan tenaga kerja tentang pentingnya keterlibatan pasien dan Pemberdayaan;
  • Meningkatkan kualitas perawatan untuk populasi pasien yang kurang terlayani atau berisiko;
  • Meningkatkan penerapan prinsip mutu dan keselamatan pasien untuk mengurangi yang dapat dicegah : infeksi, pengobatan, kesalahan prosedur, dan lain – lain.

     KATEGORI LOMBA  TERBAGI ATAS 9 KATEGORI :

  1. Kode Etik  dan Perilaku Rumah Sakit
    yaitu segala kegiatan di rumah sakit yang berkaitan dengan pembentukan, penyelenggaraan, sosialisasi, implementasi, pengawasan, dan pembinaan Etika Rumah Sakit dan Kode Perilakunya yang mengacu ke KODERSI, serta membudayakan pelaporan pengalaman menangani masalah tersebut ke MAKERSI (sebagai bahan etikoprudensi Rumah Sakit).
  2. Corporate Social Responsibility :
    Yaitu segala kegiatan rumah sakit yang berkaitan dengan kepedulian/tanggung jawab sosial kepada masyarakat. 
  3. Green Hospital :
    Yaitu segala kegiatan rumah sakit yang berkaitan dengan kepedulian lingkungan.
  4. Health Services During Crisis :
    Yaitu segala kegiatan di rumah sakit yang berkaitan dengan  inovasi/kegiatan berupa kebijakan dalam perbaikan pelayanan internal maupun eksternal di masa krisis.
  5. Healthcare Workers’ Wellbeing :
    Yaitu segala kegiatan di rumah sakit yang berkaitan dengan kesejahteraan, kesehatan jasmani dan rohani untuk Sumber Daya Manusia Rumah Sakit untuk professional intercollaboration.
  6. Leadership And Management :
    Yaitu segala kegiatan rumah sakit yang berkaitan dengan upaya peningkatan mutu/ kinerja, pengembangan Sumber Daya Manusia Rumah Sakit.
  7. Quality And Patient Safety :
    Yaitu segala kegiatan di rumah sakit berkaitan implementasi mutu dan Keselamatan Pasien.
  8. Innovation in Healthcare IT :
    Yaitu kegiatan di rumah sakit yang berkaitan dengan upaya peningkatan mutu, keselamatan pasien, dan sistem pelaporan dengan penggunaan teknologi informasi. 
  9. Customer Service, Marketing and Public Relation :
    Yaitu segala kegiatan di rumah sakit yang berkaitan dengan upaya peningkatan mutu pelayanan kepada pelanggan   eksternal, pemasaran dan hubungan masyarakat (humas).

MEKANISME LOMBA :
Rumah sakit mengirimkan tulisan yang menjelaskan apa keunggulan dan atau pencapaian luar biasa yang telah dilakukan oleh rumah sakit dalam mempromosikan kulitas dan keselamatan pasien.
Tulisan/makalah tersebut di susun dengan sistematika tulisan terdiri dari :

  1. Ringkasan sebanyak 100 kata dari tulisan/makalah, program, dan atau layanan yang telah dilakukan.
  2. Latar belakang mengapa inovasi/kegiatan, program atau layanan tersebut dibuat, apa masalah dan tantangan yang perlu ditangani. (maksimal 300 kata).
  3. Tujuan atau target spesifik yang mau dicapai sebelum dimulainya inovasi/kegiatan, program atau layanan (maksimal 150 kata).
  4. Langkah – langkah atau tahapan dalam pelaksanaan inovasi/kegiatan, program, atau layanan (maksimal 600 kata).
  5. Hasil inovasi/kegiatan, program, atau layanan yang terkait dengan keunggulan rumah sakit dalam mempromosikan   mutu dan keselamatan pasien apakah ada perbaikan signifikan dan berkelanjutan. (maksimal 600 kata).
  6. Khusus untuk kategori 1 :  Kode Etik dan Perilaku Rumah Sakit dapat dilengkapi data pendukung video singkat @3 menit atau foto dokumentasi maksimal 10 buah.
  7. Lampiran : surat pengesahan Direktur RS/Pimpinan RS, tentang tulisan tersebut.
  8. Setiap rumah sakit dapat mengikuti 1 atau lebih kategori lomba
  9. Setiap rumah sakit hanya di perkenankan mengirimkan 1 (satu ) makalah dalam kategori yang sama jika mengirimkan lebih dari 1 makalah, maka makalah yang diikutsertakan adalah makalah     yang pertama di terima oleh panitia.

KRITERIA PENILAIAN :
Setiap tulisan/makalah akan dinilai oleh dewan juri berdasarkan kesesuaian terhadap sistematika tulisan diatas;  kesinambungan antara latar belakang, tujuan, langkah, dan hasil kejelasan penulisan, implikasi pada mutu dan keselamatan serta originalitas.

5 (lima) finalis dari setiap kategori akan diinformasikan melalui surat dari tanggal 23 – 28 September 2024 untuk mempersentasikan  dihadapan Dewan Juri secara online/daring tanggal 1 – 5 Oktober 2024 untuk ditentukan pemenang berdasarkan kriteria tersebut diatas, serta akan dinilai pada saat presentasi.

KETENTUAN PENGIRIMAN :

  1. Semua pengajuan harus dilakukan secara online yang dapat diakses melalui link sebagai berikut :
  2. Peserta yang sudah mengisi formular (goofle form) dan mengupload file, mohon melakuakan konfirmasi melalui email : persiaward2022@gmail.com dengan Subjek : Nomor Kategori_ Judul Inovasi/kegiatan_ NamaRS_Nama penaggung jawab Hp (contoh : K8_ Penerapan patient safety_ RS Bahagia_ Peby 081218791331) serta melampirkan bukti screenshot pengisian google form.
  3. Peserta mengirimkan 1 (satu) dokumen yang sudah mencakup seluruh informasi inovasi/kegiatan, program atau layanan dalam format file PDF. Ukuran file unggahan maksimum adalah 32MB. Judul file PDF mengikuti format sebagai berikut : Nomor kategori_Nama RS_ Judul Inovasi/kegiatan_ Nama dan Handphone penanggung jawab (contoh : K1_RS Bahagia_ Etika Begitu Berharga_ Peby 081218791331)
  4. Makalah yang pernah menjadi pemenang (juara 1) dari setiap kategori Lomba PERSI AWARDS tidak dapat diikutsertakan Kembali.
  5. Materi lomba bukan merupakan hak paten, dan boleh diimplementasikan oleh Rumah sakit lain tanpa harus meminta izin (sebagai bentuk sharing/pengetahuan/ide antar Rumah Sakit di Indonesia)
  6. Seleksi lomba melalui 2 tahap yaitu : Babak seleksi (untuk memilih 5 besar dari masing – masing kategori) dan babak final untuk menentukan pemenang Runner Up.
  7. Seleksi lomba tahap 1 yaitu : Babak seleksi (untuk memilih 5 besar dari masing – masing kategori) pada Tanggal 7 – 21 September 2024
  8. Peserta yang masuk ke babak final akan diberitahukan melalui surat/email dan telephone/WhatsApp mulai tanggal 23 – 28 September 2024.
  9. Peserta yang masuk ke babak final diminta melakukan presentasi dengan metode online/daring mulai Tanggal 1 – 5 Oktober 2024.
  10. PERSI akan memberikan penghargaan kepada beberapa finalis untuk mempresentasikan makalahnya dalam forum Seminar Nasional untuk hal tersebut Dewan Juri akan memilih beberapa topik yang akan dipresentasikan.
  11. Peserta lomba tidak dipungut biaya, untuk biaya transportasi dan akomodasi, bagi peserta yang masuk dalam babak final (5 besar) dari setiap kategori menjadi tanggung jawab masing – masing rumah sakit.
  12. Penilaian tahap seleksi meliputi : kesesuaian terhadap ketentuan penulisan; kesinambungan; antara latar belakang, tujuan, langkah, dan hasil; kejelasan penulisan; implikasi pada mutu dan keselamatan pasien serta originalitas. Penilaian tahap final meliputi kriteria tahap seleksi ditambah dengan kejelesan saat presentasi.
  13. Keputusan panitia dalam melaksanakan dan penetapan pemenang tidak dapat di ganggu gugat. Syarat dan ketentuan peserta PERSI AWARDS, secara lebih rinci dapat dilihat pada website PERSI : https://www.persi.or.id dan dapat menghubungi Panitia Sekretariat PERSI melalui email : sekretariat@persi.or.id atau persiaward2022@gmail.com.
  14. Untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi Sdri Peby melalui Handphone/WhatsApp : 081218791331
  15. PEMBERIAN PENGHARGAAN
    Pemenang PERSI AWARDS 2024 akan diumumkan pada tanggal 19 Oktober 2024 pada rangkaian acara Penutupan Seminar Nasional PERSI di ruang Plenary Hall Jakarta Convention Center (JCC).


PANITIA KONGRES PERSI XVI, SEMINAR NASIONAL PERSI XX,
SEMINAR TAHUNAN PATIENT SAFETY XVIII TAHUN 2024